Salah satu cara agar gerakan video menjadi halus adalah menggunakan alat gimbal. Namun jika tidak ada gimbal atau ingin hasil video lebih halus lagi maka bisa mempergunakan efek Warp Stabilizer di Adobe Premiere. Hasil dari Warp Stabilizer cukup bagus, terutama jika hasil rekamannya tidak goyang terlalu parah. Namun ada juga beberapa kelemahannya, misalnya saja gambar menjadi agak ngeblur, meminta analyze terus menerus saat klip ditrim dsb. Berikut ini beberapa tips mengatasi masalah Warp Stabilizer di Adobe Premiere.

Sebenarnya ada banyak permasalahan dalam menggunakan efek ini, namun ada dua yang sering saya temui yaitu analyze terus menerus dan kecepatan video tidak bisa dirubah jika video di Wrap Stabilizer. Kedua permasalahan tersebut penyelesaiannya sama yaitu mempergunakan fitur Nest. Nest hampir mirip dengan Sequence.

Mengatasi Masalah Warp Stabilizer di Adobe Premiere

Silakan terapkan efek Warp Stabilizer pada sebuah klip video, setelah selesai kemudian klik kanan video – pilih “Nest”, beri nama sesuai keinginan dan klik OK. Maka video tersebut akan berubah warnanya menjadi hijau. Saat di trim ke kanan kiri maupun dipotong maka video tidak akan meminta Analyze ulang. Demikian juga jika ingin merubah speed video misalnya ingin dibuat slow motion. Jika tanpa dibuat Nest maka video tidak akan mau dirubah kecepatannya.

Semoga Bermanfaat

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini