Perbedaan Youtube Premium dengan Youtube Gratis


Youtube Premium kini secara resmi telah hadir di Indonesia. Pengguna bisa menikmati fitur yang tidak terdapat di Youtube versi gratis. Namun karena namanya juga premium maka ada biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati beragam fitur tersebut. Berikut ini harga dan perbedaan Youtube Premium dengan Youtube Gratis.

Harga yang ditawarkan oleh Youtube Premium adalah Rp59ribu perbulan. Pembayarannya bisa menggunakan pulsa dan sejenisnya yang didukung Play Store.

Perbedaan Youtube Premium dengan Youtube Gratis

Kelebihan berlangganan Youtube Premium yaitu:


  • Tidak ada iklan yang muncul.
  • Bisa mendownload video dan ditonton secara offline di ponsel.
  • Memutar video di background. Saat berpindah ke aplikasi lain atau saat layar non aktif maka audio tetap terdengar dan video akan muncul dalam kotak kecil.
  • Bisa menonton Youtube Original.
  • Dengan berlanganan Youtube Premium maka akan mendapatkan Youtube Music Premium.

Jika ingin berlangganan Youtube Music Premium saja maka biayanya sebesar Rp49rb. Jika sudah berlangganan Music Premium dan kemudian ingin berlanganan Youtube Premium maka biayanya Rp10rb. Totalnya sama saja menjadi Rp59rb.

Youtube Music adalah layanan streaming layaknya Spotify. Sumber musiknya dari official perusahaan musik dan tentu saja dari Youtube. Sehingga kadang keluar versi video saat memutar sebuah lagu alias bukan audio saja. Jika ingin mode audio saja maka harus berlanganan versi premium. Selain itu dengan berlanganan versi premium maka bisa mendapatkan fitur bebas iklan, mendengarkan secara offline serta putar di background.

Sebenarnya lumayan juga fiturnya terutama yang memutar di background dan bebas iklan. Jadinya pilih Youtube Premium atau yang gratisan? Kalau saya masih pilih yang gratisan saja karena harganya masih lumayan 😀

Semoga Bermanfaat


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here