Cara Pindah Project Adobe Premiere Ke Komputer Lain


Ada kalanya saat mengedit video di Adobe Premiere ingin berpindah ke komputer lain. Dipindah karena akan dibantu edit oleh orang lain maupun hanya untuk render hasil akhir. Jika file tertata dengan baik di dalam sebuah folder maka hal tersebut tidak sulit dilakukan. Tinggal copy folder tersebut ke hardisk portable maka bisa dibuka di komputer lain. Namun bagaimana jika ada ratusan file dan terpencar di beragam folder. Tentunya lama jika harus menyatukan dalam sebuah folder secara manual. Berikut ini cara pindah project Adobe Premiere ke komputer lain.

Caranya cukup mudah yaitu mempergunakan fitur Project Manager yang ada di Adobe Premiere. Silakan buka project yang akan dipindah. Buka menu “File’ – “Project Manager”. Cara kerjanya yaitu menyalin file yang dibutuhkan dalam sebuah folder.

Cara Pindah Project Adobe Premiere Ke Komputer Lain


Pada bagian 1 pilih sequence yang akan digunakan. Bisa pilih salah satu ataupun semua. Pada bagian 2 bisa dibiarkan apa adanya. Jika sesuai setingan default maka yang akan disalin hanya file yang ada di timeline. Jika ingin semua file maka bisa hilangkan centang “Exclude Unused Clips”. Bagian 3 untuk memilih folder tujuan. File yang digunakan akan disalin di folder tersebut. Anda bisa memilih folder di hardisk internal maupun external. Bagian 4 untuk mengecek berapa banyak space yang dibutuhkan dengan klik “Calculate”.

Setelah selesai silakan klik “OK” maka proses menyalin file ke folder baru akan dimulai. Lamanya tergantung dari besarnya file yang digunakan. File project asli tidak akan terhapus/terpengaruh, jadi kedua project bisa dipergunakan.  Setelah proses selesai maka file yang dibutuhkan akan berada dalam 1 folder meskipun sebelumnya berpencar-pencar.

Semoga Bermanfaat


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here