Saat ini di pasaran banyak sekali jenis mouse. Mouse tidak lagi hanya berwarna klasik seperti hitam ataupun putih, namun sudah penuh warna dan gambar. Mouse tanpa kabel kini juga lebih banyak digunakan daripada mouse yang berkabel maupun mouse tarik. Agar baterai yang dipergunakan oleh mouse wireless lebih awet, pengguna bisa mematikan mouse saat tidak digunakan dengan menggunakan tombol on off yang ada di bagian bawah mouse. Namun bagaimana caranya mematikan mouse wireless yang tidak mempunyai tombol on off?

mematikan mouse wireless yang tidak mempunyai tombol on off

Mouse wireless ada yang tanpa tombol on off. Beberapa waktu lalu saya membeli mouse wireless murah seharga 30rban sudah menganut sistem tanpa tombol on off. Mouse akan menyala saat dongle usb dicolokkan ke laptop atau pc. Saat tidak dipergunakan beberapa waktu mouse akan otomatis tidur dan menyala kembali saat diklik. Demikian pula saat dongle dicabut. Mouse akan terlihat mati dengan tanda infra merah tidak menyala. Apakah mouse benar-benar mati?

Setahu saya mouse menyala karena dia mendeteksi bahwa dongle dimasukkan ke laptop/dongle mendapat daya dari laptop. Sehingga meski terlihat mati saat tidak dipergunakan, sebenarnya masih dalam mode standbye. Tentu saja hal ini akan menguras baterai lebih banyak daripada mouse yang bisa dimatikan secara manual.

Jadi jika mouse tidak mempunyai tombol on off maka satu-satunya cara mematikannya adalah dengan melepas baterai. Terutama jika tidak dipergunakan dalam waktu lama. Namun jika tidak ingin ribet dan tidak mempermasalahkan usia baterai maka tidak usah melepasnya. Yang penting sebenarnya adalah melepas usb dongle saat mouse wireless tidak dipergunakan di laptop. Jika masih menempel kadang usb dongle bisa tersangkut benda lain saat laptop dalam tas maupun tercecer tanpa sengaja.

Semoga Bermanfaat

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini