Cara Periksa Password Apakah Aman Atau Dibobol


Mengingat password adalah hal yang gampang-gampang susah. Oleh karena itu banyak orang yang memakai password yang seadanya. Padahal dengan password yang mudah ditebak maka semakin rentan tingkat keamanannya. Bagaimana cara periksa password apakah aman atau dibobol ? Kini ada cara mudah untuk mengecek password kamu, tepatnya mengecek password yang tersimpan di akun Google.

Saat memasukkan username dan password di browser Google Chrome maka akan muncul jendela yang berisi pilihan untuk menyimpan atau tidak menyimpan password tersebut ke akun Google kamu. Dari sekian banyak password yang sudah digunakan tentu saja kita susah mengetahui apakah password tersebut kuat atau mudah dibobol. Untuk mengeceknya maka bisa mempergunakan fitur Periksa Sandi dari Google.

Silakan login ke password.google.com, dibagian atas terdapat sebuah menu yang bernama “Pemeriksa Sandi”. Klik “Periksa Sandi” dan ikuti tahapan berikutnya.

Cara Periksa Password Apakah Aman Atau Dibobol

Setelah password tersimpan selesai dianalisa maka akan keluar hasil pemeriksaannya. Ada 3 jenis hasil pemeriksaan yaitu:


  1. Sandi dibobol,
  2. Sandi dipergunakan ulang,
  3. Sandi lemah.

Cara Periksa Password Apakah Aman Atau Dibobol

Hal yang paling penting adalah jika muncul peringatan sandi dibobol. Google mempunyai data mengenai username dan password yang bocor di internet karena pihak ketiga. Jika muncul peringatan sandi dibobol artinya password kamu termasuk di database tersebut. Meski belum tentu dipakai oleh orang lain namun lebih baik password yang termasuk kategori dibobol segera diganti.

Sebaiknya memang mengganti password sekala berkala, terutama password yang penting seperti email. Berikut ini postingan terdahulu mengenai cara membuat dan menyimpan password dengan aman:

Semoga Bermanfaat


2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*