Cara Mudah Membuat Table of Contents di WordPress


Agar sebuah artikel yang panjang dan lebar menjadi mudah dipahami dan tersetruktur maka Anda bisa menambahkan Table Of Contents. Table Of Contents bisa juga disebut sebagai Daftar Isi. Berisi hirarki dari semua judul yang kita tulis pada postingan tersebut. Berikut ini cara mudah membuat Table of Contents di WordPress.

Langkah pertama adalah menginstall plugin Table Of Contents. Disini saya menggunakan plugin yang lumayan simple yaitu Easy Table of Contents. Silakan buka menu “Plugins” di Dashboard WordPress. Kemudian pilih “Installed Plugin” – “Add New” – di bagian pencarian ketik “Easy Table of Contents”. Silakan install dan aktifkan plugin tersebut. Setelah terinstall silakan buka “Settings” – “Table Of Contents”. Centang bagian “Post” pada “Enable Support” dan “Auto Insert” seperti pada gambar berikut kemudian simpan. “Enable Support” untuk menentukan dimana fitur ini aktif, sedangkan “Auto Insert” agar Table Of Contents otomatis muncul.

cara mudah membuat Table of Contents di WordPress


Buatlah sebuah postingan baru. Table Of Contents akan otomatis muncul jika ada teks dengan format Heading 1, Heading 2, Heading 3 dst. Jadi silakan buat sebuah judul dalam postingan dengan Heading 1, kemudian sub judulnya dengan Heading 2 dst. Setelah selesai silakan preview, maka sebelum heading pertama akan muncul sebuah kotak berisi daftar isi berdasar judul yang sudah dibuat tadi. Secara default Table Of Contents baru muncul jika ada 4 heading. Jika ingin mengubah minimal jumlah heading bisa di “Settings” – “Table Of Contents” – “Show When”.

Cara mudah membuat Table of Contents di WordPress

Lebih cocok memang digunakan di artikel yang agak panjang dan mempunyai banyak sub judul. Saya tidak pernah memakai plugin ini karena postingannya pendek-pendek. Otak agak mager kalau diajak nulis yang agak panjang 😀

Semoga Bermanfaat


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*