Mencoba Keyboard Mini Viboton i8 Plus


Kesulitan yang dialami saat menggunakan smart tv maupun android tv box adalah saat mengetik teks. Terutama jika remote bawaan belum mendukung tombol qwerty. Untuk mengatasinya maka Anda bisa menggunakan keyboard mini yang banyak dijual di pasaran. Kali ini saya mencoba Keyboard Mini Viboton i8 Plus.

Viboton i8 Plus harganya sekitar 135rb. Dalam paket penjualan akan mendapatkan keyboard mini, kabel charger dan kertas panduan. Build qualitynya lumayan bagus dan halus, plastiknya tidak terlihat murahan.

Di bagian belakang terdapat tempat untuk baterai dan dongle usb. Baterai yang digunakan adalah baterai Nokia BL5C dengan daya 1020mah. Selain itu bisa juga menggunakan dua buah baterai AAA. Dongle usb diselipkan di samping baterai. Terdapat magnet sehingga dongle bisa menempel.

Selain untuk mengetik, Viboton i8 Plus dapat juga digunakan sebagai mouse dengan touchpad yang tersedia. Namun mousenya bukan air mouse sehingga harus menggeser cursor secara manual. Bagian kiri terdapat tombol multimedia untuk mengatur play, pause, stop, next dan volume. Bagian atas terdapat dua tombol oranye yang berfungsi untuk klik kanan dan kiri mouse. Posisinya ada di bagian atas sehingga sering tanpa disengaja terpencet saat memegang keyboard tersebut.


Keyboard Mini Viboton i8 Plus bisa dipergunakan di komputer, ponsel android, android tv box dan sebagainya. Untuk android tv box kadang ada tombol yang tidak sesuai atau tidak berfungsi sehingga perlu disetting ulang dengan bantuan aplikasi misalnya Button Mapper.

Tombol keyboard lumayan enak saat dipencet dan tidak keras. Saat dipergunakan di kegelapan bisa dengan menyalakan lampu backlight keyboard. Di keyboard yang saya pergunakan terdapat 3 warna lampu yaitu biru, merah dan hijau. Cara menyalakannya dengan menekan Fn+F2.

Bagaimana jika dibandingkan dengan keyboard mini i8 yang harganya 60rb-an? Saya belum pernah mencoba keyboard mini yang harganya 60rb-an sehingga tidak bisa membandingkan kualitasnya. Namun biasanya yang lebih mahal kualitasnya sedikit lebih bagus 😁

Semoga Bermanfaat


Leave a Reply