Saat ini smart tv sudah banyak beredar di pasaran. Namun jika tv Anda masih yang biasa ataupun jadul maka bisa memakai android tv box agar tv menjadi pintar. Salah satu hal yang agak susah dilakukan di android tv box adalah mengetik teks terutama dengan remote biasa. Agar lebih cepat dan nyaman maka bisa menambahkan keyboard. Namun apakah bisa menambahkan mic di android tv box supaya bisa melakukan perintah suara?

STB android tv box yang saya pergunakan adalah HG-680p. Agar bisa mempergunakan mic di android tv box tersebut maka membutuhkan alat tambahan yaitu usb sound card. Harga usb sound card saat ini sangat murah, saya beli hanya sekitar 20rb saja. Cara mempergunakannya juga cukup mudah, tancapkan usb sound card di port usb yang tersedia di stb. Colok mic dan speaker di port audio yang tersedia di sound card. Jika memakai sound card maka audio di tv akan mati dan yang menyala adalah yang lewat port sound card. Namun terkadang keduanya juga hidup 😀

Menambahkan Mic di Android Tv Box

Saat membuka aplikasi Youtube dan melakukan pencarian maka perintah suara akan otomatis berjalan. Tinggal ucapkan judul video yang diinginkan maka akan terketik di layar. Namun tidak semua aplikasi mendukung perintah audio. Semua tergantung dari stb yang digunakan juga, kadang meski stb sama bisa juga firmware dan modifikasinya berbeda.

Semoga Bermanfaat

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini