Mengatasi Suara Pelan Microphone BM 700


Beberapa waktu lalu saya membeli sebuah microphone kondensor Taffware BM-700 dengan harga sekitar 150rban. Ternyata microphone tersebut membutuhkan peralatan tambahan agar suaranya bisa keras. Alat tambahan bisa berupa phantom power, ampli ataupun mixer. Berikut ini cara mengatasi mengatasi suara pelan microphone bm 700 di komputer dan ponsel tanpa phantom power.

Kotaknya seperti ini, paket penjualannya mendapatkan mic, kabel, busa, shockproof mount dan kertas panduan.

Mengatasi Suara Pelan Microphone BM 700

Di komputer sudah terdapat sound card sehingga tidak membutuhkan lagi soundcard external. Saat ditancapkan di port mic suaranya tidak begitu kencang alias pelan. Agar lebih kencang silakan klik kanan icon speaker di kanan bawah windows, pilih “Recording Device”, double klik “Microphone”, pilih tab “Level” kemudian naikkan “Microphone” dan “Microphone Boost”. Maka suara akan lebih kencang.

Mengatasi Suara Pelan Microphone BM 700


Namun jika level Microphone Boost terlalu tinggi maka suara akan berdesis, jadi level bisa disesuaikan sesuai kondisi. Suara yang dihasilkan microphone ini cukup baik dan bisa meredam suara disekitarnya. Namun karena bisa meredam suara maka microphone ini tidak begitu peka. Harus dekat dengan microphone agar suara terdengar jelas. Posisi harus miring saat menggunakan Bm 700 karena micnya ada di bagian samping kanan dan kiri.

Mengatasi Suara Pelan Microphone BM 700

Untuk mempergunakan microphone Bm 700 di ponsel android membutuhkan alat tambahan yaitu audio spliter atau sound card. Agar suara lebih kencang maka bisa merekam dengan aplikasi seperti Wave Editor, kemudian atur “Post Gain” menjadi lebih tinggi. Caranya pilih “Record” – klik icon gerigi di kiri bawah kemudian “Post Gain” geser hingga ujung kanan/menyesuaikan.

Mengatasi Suara Pelan Microphone BM 700

Setelah beberapa kali cabut pasang kabel xlr ke mic, ternyata kabelnya sudah mulai eror. Jadi sebaiknya jangan terlalu sering cabut pasang kabel xlr yang menancap ke mic 😀

Semoga Bermanfaat


Leave a Reply