Melihat Ipcam Yang Berbeda Aplikasi dalam Satu Layar


Saat ini di pasaran banyak dijual ipcam dengan harga yang cukup terjangkau. Namun aplikasi yang digunakan bervareasi. Ada yang memakai Icsee, Yoosee, v380 dsb. Untuk bisa memantau semua cctv tersebut maka harus membuka aplikasinya sendiri-sendiri. Bagaimanakah caranya agar bisa melihat secara bersamaan dalam satu layar? Berikut ini sedikit tips melihat ipcam yang berbeda aplikasi dalam satu layar secara offline.

Secara offline dalam artian ponsel dan ipcam terhubung langsung dengan router wifi. Jika ingin dipantau secara online maka internet yang digunakan harus mempunyai ip publik. Syarat lainnya adalah ipcam harus mendukung onvif atau rtsp. Biasanya ipcam robot yang tidak bermerek mendukung onvif. Sedangkan yang bermerk seperti Yi Home, Xiao Fang malah tidak mempunyai fitur tersebut.


Aplikasi android yang bisa digunakan untuk memantau beberapa ipcam secara bersamaan lewat onvif/rtsp adalah TinyCam dan Onvifer. Cukup scan network melalui TinyCam ataupun Onvifer maka ipcam yang berada dalam jaringan tersebut akan terlihat.

Melihat Ipcam Yang Berbeda Aplikasi dalam Satu Layar

Diantara kedua aplikasi tersebut, menurut saya Onvifer lebih cepat dalam memuat video cctv daripada TinyCam. Aplikasi tersebut juga bisa dipakai untuk menggerakkan ipcam robot/ptz. Namun tidak bisa untuk mengelola rekaman yang ada di ipcam.

Semoga Bermanfaat


Leave a Reply