Kain Untuk Green Screen Sederhana


Agar bisa mengganti background video ataupun foto dengan mudah maka Anda bisa menggunakan green screen alias layar hijau saat mengambil gambar. Warna hijau bisa diganti dengan background lain sesuai keinginan saat proses editing. Untuk membuat green screen caranya tidak begitu susah, hanya membutuhkan selembar kain saja. Berikut ini jenis kain untuk green screen sederhana.

Kain yang bisa digunakan untuk membuat green screen adalah kain jenis sponbund. Kain ini relatif murah dan bisa dibeli di toko kain terdekat. Harganya kurang dari 10rb permeternya. Kalau males cari di toko kain bisa juga membeli secara online. Warna yang digunakan adalaj hijau stabilo/hijau cerah. Selain warna hijau sebenarnya bisa juga memakai warna lain yaitu biru. Tapi kebanyakan sekarang memakai warna hijau.

Kain Untuk Green Screen Sederhana

Setelah kain didapat maka bisa dipasang sesuai keinginan. Bisa dipaku maupun selotip di dinding. Agar hasilnya bagus sebaiknya memakai pencahayaan yang terang dan pas. Pastikan juga obyek tidak memakai warna hijau agar tidak ikut hilang.


Untuk editing bisa memakai aplikasi ponsel seperti Kinemaster maupun memakai software editing di komputer. Pada dasarnya memakai fitur chroma yang ada di video editor tersebut.

Kain Untuk Green Screen Sederhana

Berikut ini tutorial edit green screen dengan Adobe Premiere. Tutorialnya saya buat tahun 2014, tapi sepertinya menunya masih sama dengan Adobe Premiere terbaru.

Kesulitan yang dihadapi adalah kadang hasilnya kurang bersih. Masih ada garis hijau disekitaran obyek. Jika masih kurang bagus maka bisa dengan utak atik cahaya yang digunakan maupun setingan chroma saat editing. Jadi sebelum digunakan untuk merekam lama sebaiknya dicoba dahulu setingan yang pas sehingga didapatkan hasil sesuai keinginan.

Semoga Bermanfaat


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.