Rekam Suara Drum Elektrik Ke Komputer


Saat ini untuk merekam musik tidak harus ke studio musik. Semua bisa dilakukan di rumah saja. Demikian juga dengan drum elektrik. Suara drum elektrik bisa direkam dengan cara sederhana melalui komputer/laptop. Bagaimanakah cara untuk rekam suara drum elektrik ke komputer?

Drum elektrik yang dipergunakan disini adalah Yamaha DTX 452.

Rekam Suara Drum Elektrik Ke Komputer

Alat yang dibutuhkan yaitu colokan audio besar ke kecil seperti ini. Kalau tidak salah ukurannya 6,5mm ke 3,5mm.

Rekam Suara Drum Elektrik Ke Komputer

Kemudian masukkan colokan audio besar ke port “Phones/output” yang ada di drum sedangkan ujung yang kecil ke lubang line in atau microphone yang ada di komputer. Untuk memonitor suara bisa dengan speaker komputer ataupun dengan headphone yang dicolokkan di port speaker komputer. Jika memakai laptop yang port audionya hanya satu maka lebih baik menggunakan usb soundcard karena usb soundcard mempunyai 2 port/lebih yang bisa digunakan untuk line in dan headphone.

Rekam Suara Drum Elektrik Ke Komputer


Agar suara line in/microphone terdengar di speaker/headphone maka harus diset dahulu sebagai berikut. Klik kanan di icon volume di kanan bawah windows, pilih “Recording device” – klik ganda di line in/microphone yang digunakan – pilih tab “Listen” – centang “Listen To This Device”.

Rekam Suara Drum Elektrik Ke Komputer

Setelah itu tinggal rekam suara menggunakan software audio misalnya Audacity. Jika ingin cover lagu maka bisa dengan memainkan musik lewat “Aux in” yang ada di drum elektrik atau bisa juga dengan memainkankan lagu tersebut di komputer.

Rekam Suara Drum Elektrik Ke Komputer

Cara lain bisa menggunakan kabel usb to host. Kabel ini salah satu ujungnya berbentuk kotak, biasanya dipakai di printer. Jadi bisa memakai kabel usb to host printer. Masukkan ujung usb yang kotak ke port “Usb to Host” yang ada di drum elektrik kemudian ujung usb satunya masukkan ke komputer atau laptop.

Rekam Suara Drum Elektrik Ke Komputer

Drum elektrik yang saya pakai ini membutuhkan driver, sehingga harus download drivernya terlebih dahulu di websitenya. Setelah usb dikenali maka bisa mulai merekam suaranya dengan Audacity. Dengan usb to host aslinya bisa juga merekam dengan sistem Midi. Namun belum utak-atik lebih jauh karena drumnya cuma dipakai untuk belajar saja 😀

Semoga Bermanfaat


4 Comments

  1. Jono

Leave a Reply