Cara Membuat Tv Biasa Menjadi Smart TV


Tak hanya ponsel, tv jaman sekarang juga sudah menganut sistem pintar alias smart tv. Pada dasarnya smart tv memungkinkan pengguna untuk menonton streaming, browsing dan beragam hal lainnya melalui koneksi internet. Namun bagaimanakah cara membuat tv biasa menjadi smart tv?

Jika memasih memakai tv biasa dan ingin menjadi smart tv maka bisa menggunakan tambahan alat berupa STB. Di pasaran banyak jenisnya, dari yang murah sampai yang mahal, resmi sampai yang oprekan. Beberapa waktu lalu saya mencoba sebuah STB android tv yang murah dan tentu saja oprekan 😀 STB yang saya beli ini harganya sekitar Rp250rban. Aslinya STB tersebut adalah milik sebuah penyedia jasa internet namun diunlock dan root sehingga bisa dipakai di semua jaringan internet.

Cara Membuat Tv Biasa Menjadi Smart TV

Penggunaannya cukup mudah. Tinggal colok kabel hdmi atau rca ke tv. Nyalakan STB kemudian hubungkan ke wifi/hotspot yang tersedia. Pengguna bisa memakai remote untuk memilih menu. Namun ada beberapa aplikasi yang tidak bisa memakai remote, sehingga harus memakai mouse. Untuk memakai mouse caranya dengan mencolok mouse di port usb yang tersedia.


Cara Membuat Tv Biasa Menjadi Smart TV

Pada dasarnya STB android box mirip dengan ponsel android, hanya saja diperuntukkan untuk layar televisi.  Beragam aplikasi bisa diinstall misalnya Youtube, Kodi, Iflix, Spotify, tv streaming, Chrome, Vlc, game dll. Selain itu bisa juga dipergunakan untuk menampilkan layar ponsel ke tv (cast).

Cara Membuat Tv Biasa Menjadi Smart TV

Sayangnya STB yang saya beli ini tidak mempunyai Google Play Store sehingga ada beberapa aplikasi yang tidak jalan. Namun sebenarnya bisa ditambahi jika mau oprek-oprek sendiri dengan melihat tutorial di beragam forum/group.

Jadi jika Anda ingin tv biasa menjadi smart tv maka bisa dengan membeli STB android box yang banyak tersedia di pasaran. Namun agar bisa streamingan lancar maka internetnya harus cepat dan sebaiknya unlimited.

Semoga Bermanfaat


Leave a Reply