Sonoff merupakan alat yang mempunyai fungsi seperti saklar, dimana bisa dimatikan dan dihidupkan secara online. Selain bisa dikendalikan melalui aplikasi bawaan, Sonoff bisa juga dikontrol melalui Google Assistant baik lewat voice maupun diketik manual. Berikut ini sedikit tips mengendalikan Sonoff dengan Google Assistant.

Langkah pertama adalah menghubungkan akun Sonoff/We Link dengan Google Assistant. Silakan buka Google Assistant, biasanya dengan menekan lama tombol home maka akan keluar aplikasi tersebut. Klik icon kompas di kanan bawah aplikasi kemudian tekan icon titik tiga di kanan atas dan pilih “Setelan”. Setelah itu pilih tab “Asisten” – “Kontrol Rumah”.

Mengendalikan Sonoff Dengan Google Assistant

Tekan tanda plus di kanan bawah. Tambahkan device “Smart We Link”.

Mengendalikan Sonoff Dengan Google Assistant

Setelah itu akan dibawa ke halaman login. Masukkan username dan password akun We Link Anda. Akan muncul nama Sonoff yang Anda pergunakan. Disini nama yang saya pergunakan adalah “Rumah”. Kemudian silakan tekan “Selesai”.

Mengendalikan Sonoff Dengan Google Assistant

Sonoff siap dipergunakan dengan Google Assistant. Saat saya coba mengucapkan “Matikan Rumah” listrik tidak padam namun malah muncul gambar kebakaran 😀

Mengendalikan Sonoff Dengan Google Assistant

Saya beri perintah dalam bahasa Inggris ternyata gagal juga. Ponsel kemudian saya rubah dari bahasa Indonesia ke Inggris. Perintah Sonoff di Google Asistant akhirnya bisa berjalan lancar. Perintahnya antara lain: Turn On (nama device, Turn off (nama device). Bisa juga dengan menekan tombol yang tersedia.

Mengendalikan Sonoff Dengan Google Assistant

Selain bisa mempergunakan Google Assistant, Sonoff bisa juga dikendalikan lewat Telegram. Caranya dengan menghubungkan Telegram dan Sonoff melalui aplikasi Ifttt.

Semoga Bermanfaat

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini