Bel Pintu Wireless Rusak


Jaman sekarang penggunaan kabel yang panjang sudah semakin berkurang. Demikian juga dengan bel pintu. Sebagian besar sudah menganut sistem tanpa kabel alias wireless. Namun tentu saja tetap ada kelebihan dan kekurangannya. Belakangan ini bel pintu wireless yang saya pasang mulai berulah. Saat dipencet bel tidak mau menyala. Padahal lampu indikator di pencetan menyala. Berikut ini sedikit cerita saat mengatasi bel pintu wireless rusak.

Bel wireless ini dahulu saya beli sekitar Rp60rb dan baru berusia 1 tahunan. Biasanya yang menjadikan penyebab utama bel wireless tidak mau menyala karena baterainya yang sudah habis. Langkah pertama tentu saja dengan mengganti baterai. Rata-rata baterai yang digunakan oleh bel pintu wireless adalah tipe a23. Memang agak jarang yang jual, namun bisa dibeli di toko listrik maupun secara online.

Bel Pintu Wireless Rusak


Baterai saya ganti namun ternyata tetap tidak mau menyala dengan lancar. Mau menyala hanya jika dipencet lama dan dalam. Kemudian pencetan saya dekatkan ke bel yang terpasang di listrik. Siapa tahu karena jaraknya terlalu jauh. Jika banyak hambatan dan jarak terlalu jauh maka pencetan tidak berfungsi dengan baik. Namun ternyata nihil juga hasilnya.

Akhirnya saya bongkar pencetan bel pintu wireless tersebut. Sepertinya kerusakan disebabkan karena saklar dalam pencetan tersebut sudah tidak berjalan dengan baik. Bagian pencetan sedikit saya utak-atik agar bisa lebih mental-mentul. Sehingga bel bisa menyala dalam satu kali pencetan saja.

Semoga saja bisa bertahan lama sehingga tidak perlu beli bel yang baru. Bel pintu sangat penting perannya. Kalau tidak menyala kasihan tamu yang bertandang. Harus ketuk-ketuk pintu. Belum tentu juga yang punya rumah denger karena lagi tidur 😁

Semoga Bermanfaat


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.