Komputer yang saya pergunakan untuk ngeblog maupun mengedit video terbilang sudah agak jadul. Usianya sendiri sekitar 6 tahunan. Salah satu komponen yang paling sering diganti adalah hardisknya. Tidak ada yang bisa bertahan lama. Belakangan ini hardisk yang dipasang juga mulai melambat, tanda-tanda minta untuk diganti. Kali ini hardisk saya ganti dengan ssd agar performanya bisa lebih cepat. Berikut ini sedikit tips cara pasang ssd di komputer.

Komputernya berdebu karena lama tidak dibersihkan bagian dalamnya 😀

Pasang SSD di Komputer

Ssd yang dipergunakan adalah merk Apacer. Cari yang murah meriah, harganya sekitar 300rb untuk 120GB. Kapasitasnya memang kecil, dipakai hanya untuk sistem operasi. Sedangkan data memakai hardisk laptop yang tidak terpakai. Mode ngirit 😀 Pemasangannya sama saja dengan hardisk 3,5 inch maupun hardisk laptop yaitu dengan memasang kabel sata dan power.

Pasang SSD di Komputer

Sayangnya tidak ada slot yang pas untuk menyekrup ssd. Alternatifnya ssd bisa sekedar ditaruh saja. Asal komputer tidak dibawa kemana-mana maka akan tetap aman. Cara lain dengan menggunakan bracket ssd ke 3.5 inc. Namun karena sedang mode ngirit maka akhirnya saya sekrup di slot dibawah cdroom. Hanya bagian kanan saja yang disekrup alias melayang sebagian. Namun sepertinya kuat dan aman saat komputer dipindahkan.

Pasang SSD di Komputer

Akhirnya komputer bisa berjalan lebih cepat dibandingkan memakai hardisk lama. Kalau pengen cepat lagi memang sebaiknya hardisk untuk menyimpan data juga memakai ssd. Mungkin nanti diganti kalau hardisknya eror lagi 😀

Semoga Bermanfaat

6 KOMENTAR

  1. Assalamu’alaikum mas, mw tanya kl yg pertandingan e sport itu kan 5vs5 dengan hp masing2, terus di layar utama bisa ditampilkan pertandingannya dan bisa dipindah2 mau fokus ke player yg mana, itu bagaimana caranya ya mas?

    • Waalaikumsalam, kayaknya tampilan layar hapenya dimasukkan ke komputer mas, nanti kemudian dipilih yang tampil di layar. pakai aplikasi virtual mixer kayak vmix mungkin bisa. tapi saya blm pernah coba jg hehe.

  2. 1. salut dg blognya yg selalu eksis sedjak 2007
    2. klo yg saya lakukan setelah beli ssd baru, sy install win 10 (clean install) di PC. rasanya cepet aksesnya, setelah update driver hingga install aplikasi/software lancar jaya, tetapi setelah restart yg kesekian… ssd tidak dikenali. sy shutdown lalu saya nyalain lagi bisa tapi setelah itu terulang lagi tidak dikenali si ssd itu. kira2 trouble di ssd apa di mainboard saya ya? ketika saya pindah instal di laptop i3 ternyata berulang lagi kasusnya…. ada yg punya masukankah?

    • Kalau dipindah ke pc/laptop lain tp tetap seperti itu kemungkinan di ssd nya. Coba diformat ulang hardisknya, diinstall ulang, dicoba digunakan tanpa install software tambahan dahulu. Kl pk pc coba ganti kabel sata yang digunakan.

KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tuliskan nama Anda disini