Rekam Audio dari Mixer Dengan Zoom H4n


Memakai mic bawaan kamera video untuk merekam suatu acara misalnya akad nikah, ceramah atau musik tentu saja hasilnya kurang begitu mantab. Audio tidak bisa masuk dengan jernih. Agar audio menjadi bagus maka bisa dengan merekam audio dari mixer sound system acara tersebut. Audio bisa direkam di laptop maupun menggunakan alat lain. Kali ini mencoba rekam audio dari mixer dengan Zoom H4n.

Cara merekam dari mixer cukup sederhana. Siapkan kabel rca dan converter rca ke jack besar (jack mic). Namun kadang mixer audio ada beragam bentuknya. Jadi buat jaga-jaga lebih baik bawa converter lebih banyak dan beragam. Siapa tahu output mixernya memakai jack mic.

Rekam Audio dari Mixer Dengan Zoom H4n

Pasang converter di rca kemudian tancapkan ke Zoom H4n. Ujung kabel rca satunya colokkan di output rca mixer. Untuk memantau audio bisa dengan manancapkan earphone di port earphone Zoom H4n. Setelah itu tinggal pencet tombol record 2x. Tanda sudah merekam yaitu angka durasi perekaman berjalan.


Rekam Audio dari Mixer Dengan Zoom H4n

Jika level audio terlalu keras maka bisa dikecilkan lewat tombol Rec Level di samping kanan Zoom H4N. Atau bisa juga minta abang penjaga mixer untuk menurunkan volume output mixer yang terpasang ke perekam. Paling enak kalau ada yang manjaga Zoom H4n sehingga jika terlalu keras maka dapat diturunkan levelnya. Jika terpaksa harus ditinggal maka Rec Level sebaiknya diset ke sekitaran 50 saja atau disesuai kan dengan kondisi suara terkeras saat itu. Atau bisa juga dengan mengaktifkan Level auto. Lebih baik suara agak kecil daripada terlalu keras/pecah. Suara kecil bisa dinaikkan saat editing.

Setelah selesai maka tinggal menyatukan audio dan video saat editing. Jika malas menyatukan saat editing maka alternatif lainnya dengan memasukkan audio dari port earphone/line Zoom H4n ke port mic kamera. Sehingga audio langsung direkam dikamera video lewat H4n sebagai perantara/volume control. Cara lainnya langsung dari mixer audio ke kamera dengan memakai volume control sederhana.

Semoga Bermanfaat


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.