Cara Kembali Ke Editor Lama WordPress


Ada perubahan yang cukup signifikan di WordPress versi 5.0. Versi terbaru ini sudah mengusungĀ Gutenberg sebagai editor bawaan. Pada dasarnya editor baru ini memungkinkan pengguna untuk menambah blok-blok sesuai keinginan. Sehingga tata letak postingan bisa lebih bervareasi. Misalnya saja pengguna bisa membuat tulisan dalam beberapa kolom, bisa mengubah susunan blok dengan drag and drop serta lain sebagainya. Hampir mirip dengan Divi Builder, Elementor dan sejenisnya. Namun bagaimana jika Anda tidak sreg dengan editor baru ini? Bagaimanakah cara kembali ke editor lama WordPress?

Untuk kembali ke editor lama caranya dengan menginstall sebuah plugin resmi dari WordPress bernama Classic Editor. Plugin bisa didownload lewat dashboard – Plugins – Add New – Pilih “Classic Editor”. Kalau tidak ada bisa langsung mencari di kotak pencarian yang tersedia. Setelah diinstall dan diaktifkan maka tampilan editor akan kembali ke tampilan lama.

Cara Kembali Ke Editor Lama WordPress


Apabila ingin kembali ke editor baru maka bisa menonaktifkan/menghapus plugin atau bisa melalui menu setting. Silakan buka Setting – Writing – Pilih sesuai selera di “Default editor for all users”. Apabila galau dan ingin ganti sewaktu-waktu maka bisa memilih “Yes di “Allow users to switch editors”.

Cara Kembali Ke Editor Lama WordPress

Saat menu switch editor diaktifkan maka di bagian kanan editor akan ada menu untuk mengganti dari Classic ke Block Editor dan sebaliknya. Selain itu di bawah judul di list postingan terdapat menu untuk memilih editor yang dikehendaki.

Semoga Bermanfaat


2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.