Cara Mengaktifkan Timer di Youtube Kids


Youtube Kids sebenarnya sudah hadir sejak tahun 2015-an. Namun untuk wilayah Indonesia baru resmi dirilis pada bulan Sepetember 2018 ini. Youtube Kids adalah aplikasi Youtube khusus untuk anak-anak. Dimana video yang ditampilkan telah melalui proses seleksi terlebih dahulu. Aplikasi ini meminimalisir konten negatif yang banyak tersedia di Youtube. Namun nonton Youtube terlalu lama juga tidak baik untuk anak. Dalam Youtube Kids terdapat fitur untuk membatasi anak menonton yaitu dengan fitur timer. Berikut ini cara mengaktifkan timer di Youtube Kids.

Untuk mengaktifkan timer silakan tekan tombol gembok di kanan bawah aplikasi Youtube Kids. Untuk masuk menu setting harus menyelesaikan soal matematika yang muncul atau memasukkan pin yang sudah dibuat.

Cara Mengaktifkan Timer di Youtube Kids

Pilih menu “Timer”.

Cara Mengaktifkan Timer di Youtube Kids


Tentukan berapa lama jatah waktu nonton si kecil. Kemudian tekan “Mulai Timer”.

Cara Mengaktifkan Timer di Youtube Kids

Setelah durasi habis maka akan muncul notifikasi bahwa waktu sudah habis.

Cara Mengaktifkan Timer di Youtube Kids

Sebenarnya masih ada kelemahannya, jika timer habis kemudian aplikasi ditutup dan dijalankan lagi maka bisa masuk Youtube Kids kembali. Anak yang sudah mengerti cara kerja ponsel dengan baik tentu saja bisa mengakali fitur timer ini dengan mudah.

Aplikasi yang melindungi anak memang penting, namun lebih penting lagi adalah orangtua mendampingi beragam kegiatan anak. Tidak hanya diberi gadget agar diam. Namun harus dibimbing dan diberi pengertian mengenai sisi baik dan buruk menggunakan ponsel.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.