Utak Atik Ipcam Robot Mini Tanpa Merk


Salah satu ipcam yang ada di pasaran adalah ipcam yang kameranya bisa geleng-geleng ke kanan kiri dan atas bawah . Banyak yang menyebutnya sebagai ipcam robot. Beberapa waktu lalu saya mencoba ipcam robot yang harganya murah sekitar 200rb-an. Ukurannya lebih mini dibandingkan ipcam robot biasa. Berikut ini sedikit ulasan saat utak atik ipcam robot mini tanpa merk.

Ipcam robot ini kardusnya universal alias tanpa merk. Meskipun bentuk ipcam sama kadang dibuat oleh vendor yang berbeda. Aplikasi yang digunakan juga bisa berbeda. Aplikasi yang dipergunakan oleh ipcam ini adalah Icsee dan Xmeye.

Paket pembeliannya mendapatkan ipcam, kabel data, charger, bracket+sekrup dan buku panduan. Meskipun di ipcam tertera resolusinya 2MP namun ternyata hanya bisa menghasilkan video 1280×720. Pemasangannya cukup mudah yaitu dengan menginstall aplikasi Icsee ataupun Xmeye di ponsel dan ikuti panduan dalam aplikasi. Kedua aplikasi bisa digunakan untuk memantau ipcam ini, namun fiturnya agak berbeda. Dibandingkan dengan Xiaomi Xiao Fang, ipcam ini lebih mudah untuk terkoneksi. Baik dengan wifi secara offline maupun dipantau secara online. Walau demikian belum selancar server Yi Home.


Hasil gambar lumayan bagus. Jika tidak ingin patah-patah atau ngeblur maka bisa dengan mensetting frame rate ipcam menjadi 25 fps. Untuk mengatur hal tersebut bisa melalui aplikasi Xmeye, tidak bisa lewat Icsee. Berikut ini hasil tangkapan ipcam pada siang dan malam hari.

Hasil rekaman video bisa didownload langsung ke ponsel. Secara default setiap file rekaman berdurasi 5 menit. Besarnya file tergantung dari settingan dan apa yang direkam. Misalkan sebuah ruangan kosong maka ukuran file lebih kecil daripada merekam ruangan yang penuh pergerakan.

Apabila ingin memantau menggunakan komputer secara online maka bisa menginstall software vms atau bisa juga lewat website xmeye.net. Namun sayangnya website xmeye ini hanya bisa berjalan dengan browser Internet Explorer karena harus menginstall plugin khusus. Jika memakai Chrome atau Firefox tidak bisa berjalan lancar.

Kelemahannya bahannya agak ringkih, hasil rekaman tidak bisa diakses lewat ftp, sudut kurang lebar dibanding Xiaomi Xiao Fang ataupun Yi Home serta tidak tersedia preset posisi. Untuk ketangguhannya belum bisa diketahui berapa lama. Charger bawaannya sendiri sudah rusak dalam semalam 😀

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.