Hemat Space Hosting Dengan Memilih Ukuran Gambar Yang Dibuat WordPress


Upload gambar ke blog jumlahnya hanya sedikit tapi space hosting kok cepet habis. Pernahkan Anda mengalami hal yang sama saat ngeblog di WordPress? Hal itu disebabkan karena saat upload sebuah gambar maka WordPress secara otomatis akan membuat beragam ukuran dari gambar tersebut. Banyaknya file tergantung dari themes yang dipergunakan. Bisa saja dalam sekali upload dibuat 12 buah gambar dengan ukuran yang berbeda. Berikut ini tips hemat space hosting dengan memilih ukuran gambar yang dibuat WordPress.

WordPress membuat otomatis gambar dengan ukuran yang berbeda-beda karena diperuntukkan bagi beragam fitur themes tersebut. Misalnya ada yang buat homepage, widget, dan lain sebagainya. Cara untuk mengatasinya bisa dengan menginstall sebuah plugin Stop Generating Image Size. Tapi sebelum menginstall plugin ini pastikan Anda tahu ukuran mana saja yang penting digunakan oleh themes tersebut.

Setelah menginstall plugin Stop Generating Image Size, silakan buka menu Image Size di dashboard. Akan terdapat pilihan ukuran gambar yang dibuat otomatis. Di themes yang saya pergunakan ternyata setiap upload sebuah gambar maka akan membuat 12 gambar dengan ukuran berbeda.


Hemat Space Hosting Dengan Memilih Ukuran Gambar Yang Dibuat WordPress

Centang ukuran gambar yang tidak akan dibuat secara otomatis. Disini saya hanya memakai 2 macam ukuran gambar saja, yaitu featureblog dan format large. Setelah disave maka setiap upload gambar hanya akan membuat otomatis 2 file baru saja + 1 file asli sehingga space hosting tidak termakan banyak.

Plugin ini hanya mempengaruhi gambar yang baru diupload, sedangkan yang sudah diupload tetap seperti semula. Namun jika Anda salah pilih disable ukuran tertentu maka tampilan themes bisa berantakan karena gambarnya tidak ada 😀

Semoga Bermanfaat


2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.