Interkom Motor dengan Ponsel Android


Saat berkendara dengan sepeda motor biasanya agak susah untuk berkomunikasi dengan pembonceng dibelakang. Terutama jika berada di jalan yang bising. Apabila dalam perjalanan yang jauh dan tidak ingin teriak-teriak maka Anda bisa mempergunakan ponsel android untuk ngobrol dengan teman yang dibonceng maupun yang menggunakan kendaraan lain. Untuk berkomunikasi bisa menggunakan jaringan wifi maupun bluetooth sehingga tidak menguras pulsa maupun kuota. Berikut ini cara membuat interkom motor dengan ponsel android.

Bahan-bahan yang dipergunakan yaitu:

  • Ponsel;
  • Earphone yang nyaman di telinga dan mempunyai mic yang baik;
  • Mifi (kalau ada).

Install aplikasi Intercom for android di playstore di setiap ponsel yang akan dipergunakan. Sambungkan ponsel ke sebuah hotspot wifi yang sama. Bisa menggunakan tethering ponsel atau bisa juga juga memakai mifi. Pasang earphone dan jalankan aplikasi Intercom, semua ponsel dalam jaringan wifi yang sama akan terlihat. Untuk berbicara dapat dengan menekan tombol PTT.


Interkom Motor dengan Ponsel Android

Namun tidak aman jika harus menekan tombol PTT di layar saat berkendara. Oleh karena itu gunakan deteksi suara untuk membuka percakapan secara otomatis. Tekan tombol bulatan di bagian atas untuk mengaktifkan deteksi suara. Kelemahan menggunakan deteksi suara adalah kadang mic terus terbuka sehingga suara terus terdengar.

Selain menggunakan wifi dapat pula menggunakan bluetooth. Koneksi bluetooth hanya bisa digunakan untuk sepasang ponsel saja sedangkan wifi bisa dipakai lebih dari 2 ponsel. Namun yang utama jangan sampai lengah dalam berkendara, ngobrol hal penting saja misalnya arah, tempat pemberhentian dan sebagainya.

Semoga Bermanfaat


2 Comments

Leave a Reply

95 ÷ = 19

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.