Mengirim Email Mode Rahasia di Gmail


Salah satu fitur yang ada di Gmail versi baru adalah mode rahasia alias confidential mode. Dengan mode ini maka email yang dikirim hanya bisa dibaca dalam durasi waktu tertentu saja. Selain itu email dapat juga diberi passcode agar lebih aman. Berikut ini cara mengirim email mode rahasia di Gmail.

Fitur ini hanya ada di Gmail versi baru, jika belum menggunakan silakan ubah lewat “Settings” – “Try the New Gmail” pada Gmail desktop.

Setelah itu silakan tulis email baru. Setelah selesai menulis email silakan klik icon seperti gembok jam di bagian bawah email.

Mengirim Email Mode Rahasia di Gmail

Akan muncul pengaturan mode rahasia. Silakan pilih waktu expired email. Terdapat pilihan 1 hari hingga 5 tahun. Sayangnya belum ada pengaturan waktu sesuai selera. Di bagian bawahnya terdapat menu sms passcode yang dikirimkan ke ponsel penerima. Jadi untuk membuka email harus memasukkan kode yang masuk ke ponsel. Tapi pada saat postingan ini dibuat, passcode belum bisa dipergunakan di Indonesia.


Mengirim Email Mode Rahasia di Gmail

Saat email dikirim ke sesama Gmail maka isi email akan terlihat langsung di inbox disertai dengan waktu expirednya. Apabila dikirim ke email non Gmail misalnya Yahoo maka untuk membuka isi email harus dengan mengklik link yang tersedia dalam email tersebut.

Mengirim Email Mode Rahasia di Gmail

Setelah jangka waktu berakhir maka isi email akan hilang dan tidak bisa lagi dibaca. Meski demikian email tidak terhapus otomatis. Jadi hanya isinya saja yang tidak bisa dibaca dan tertulis bahwa email sudah expired. Saat ini mode rahasia baru bisa dipergunakan di desktop, belum bisa dipergunakan di aplikasi android Gmail.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.