Merekam Suara Internal Ponsel dengan Jernih di Miui 9


Agar enak untuk ditonton maka game maupun aplikasi ponsel yang direkam dan diupload ke Youtube membutuhkan audio yang jernih dan tidak ada noisenya. Namun beberapa aplikasi hanya mendukung merekam suara dari microphone sehingga hasilnya kurang begitu baik. Demikian pula dengan aplikasi Rekam Layar bawaan dari Xiaomi Miui 9. Berikut ini tips merekam suara internal ponsel dengan jernih di Miui 9.

Kini untuk merekam audio internal ponsel dengan jernih di Miui 9 bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa perlu root. Sebelumnya aplikasi Rekam Layar hanya menyediakan pilihan merekam dari Microphone. Agar bisa merekam dengan jernih dari speaker ponsel maka Miui harus diupdate terlebih dahulu ke versi terbaru. Misalnya saja jika memakai Redmi 5A maka yang terbaru saat tulisan ini dibuat adalah versi 9.5.6.0.

Setelah Miui berhasil diupdate silakan masuk ke folder “Alat” – “Rekam Layar”. Tekan menu di kanan atas kemudian  di bagian “Sumber Suara” pilih “Speaker”. Maka suara yang terekam adalah suara berasal dari speaker sehingga tidak ada noise dari luar.

Merekam Suara Internal Ponsel dengan Jernih di Miui 9


Rekam Mic dan Speaker Bersamaan

Bagaimana caranya jika ingin memberikan komentar lewat microphone misalnya saat sedang main game? Agar microphone juga ikut terekam maka membutuhkan aplikasi lain yang bisa membuat suara mic masuk ke speaker ponsel. Banyak aplikasi yang tersedia di Play Store. Silakan cari: Mic to speaker.

Merekam Suara Internal Ponsel dengan Jernih di Miui 9

Kalau saya biasanya memakai aplikasi Microphone dari Wonder Grace. Pasang earphone, kemudian nyalakan aplikasi Microphone. Untuk menyalakan mic di aplikasi tersebut, caranya dengan menekan icon mic. Pastikan suara mic terdengar di earphone. Setelah itu tinggal nyalakan game dan rekam menggunakan aplikasi Rekam Layar. Suara dari game akan terdengar jernih karena direkam langsung lewat speaker. Namun pastikan merekam di tempat tenang karena kalau tempatnya berisik maka suara berisik akan ikut masuk speaker lewat microphone.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*