Remote Shutter Kamera DSLR dengan Ponsel


Salah satu cara untuk foto bareng-bareng menggunakan kamera dslr tanpa ada yang memegang kamera adalah menggunakan tripod + timer. Namun tentu saja ada kelemahannya yaitu tidak bisa jeprat jepret sesukanya. Agar lebih bebas maka bisa menggunakan remote bluetooth untuk mengendalikan shutter kamera dslr. Jika tidak mempunyai remote ataupun hilang maka alternatifnya bisa memakai ponsel yang mempunyai infra red blaster. Berikut ini cara remote shutter kamera DSLR dengan ponsel.

Cara remote shutter kamera DSLR dengan ponsel cukup mudah. Ada banyak aplikasi remote yang bisa dipergunakan di Play Store. Namun sebelumnya silakan aktifkan dahulu fitur remote yang ada di kamera Anda. Misalnya saja jika menggunakan Canon 600D dapat menekan tombol timer, kemudian pilih “Selft-timer:10sec/Remote Control”.

Remote Shutter Kamera DSLR dengan Ponsel

Pertama mencoba menggunakan aplikasi remote bawaan ponsel Xiaomi yaitu Mi Remote. Tambahkan remote baru kemudian pilih “Kamera”. Akan muncul list merk kamera, pilih sesuai merk kamera Anda dan ikuti langkah berikutnya untuk uji tombol remote. Setelah tersambung silakan pencet tombol remote yang ada di ponsel untuk mengaktifkan shutter kamera.


Remote Shutter Kamera DSLR dengan Ponsel

Aplikasi lain yang bisa dipergunakan adalah Remote Master. Cara penggunaannya hampir sama seperti Mi Remote yaitu dengan menambahkan remote kamera, pilih merk yang sesuai kemudian uji tombolnya. Saat mencoba uji tombol tidak ada respon di kamera Canon yang saya pergunakan. Namun remote bisa berjalan setelah dipilih salah satu remote dan pencet finish. Menu di Remote Master lebih banyak dibanding Mi Remote karena mempunyai fitur Timer dan Burst.

Remote Shutter Kamera DSLR dengan Ponsel

Dengan menggunakan remote maka body kamera tidak goyang saat shutter dipencet sehingga gambar relatif lebih tajam. Apakah jaraknya bisa jauh? Waktu mencoba bisa sekitar 5 meteran. Jika susah tersambung dalam jarak jauh pastikan ir blaster ponsel mengarah tepat ke ir kamera, sambil terus dipencet biasanya akan bisa menjepret.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.