Ngeprint di Ponsel Lewat OTG


Saat ini beberapa jenis ponsel sudah mendukung otg alias usb on the go. Ada beragam manfaat yang bisa diambil melalui fitur otg tersebut, antara lain pasang mouse, pasang webcam maupun ngeprint lewat kabel usb. Jika Anda ingin mencetak artikel yang ada di ponsel namun malas untuk membuka laptop maka bisa ngeprint secara langsung dari ponsel. Ngeprint di ponsel lewat otg ini berlaku apabila Anda tidak mempunyai printer wirelless, sehingga harus memakai kabel.

Alat tambahan yang diperlukan adalah konektor/kabel usb otg. Harganya murah, biasanya tersedia di konter ponsel. Namun pastikan ponsel Anda mendukung otg agar bisa ngeprint di ponsel lewat otg. Langkah berikutnya adalah menginstall aplikasi yang digunakan untuk mencetak.

Printer yang saya pergunakan adalah Epson L360. Waktu mencari aplikasi printer di Play Store ternyata tidak ada aplikasi dari Epson yang bisa dipakai untuk print lewat otg. Oleh karena itu kemudian menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Mobile Print – PrinterShare. Aplikasi ini tidak gratis, alias harus berbayar untuk mengeprint dokumen. Meski demikian versi gratisnya bisa digunakan untuk mengeprint foto maupun test page secara terbatas.

Ngeprint di Ponsel Lewat OTG


Untuk ngeprint di ponsel lewat otg, silakan tancapkan kabel usb printer ke ponsel kemudian buka aplikasi Mobile Print – PrinterShare. Pilih dokumen atau gambar apa yang akan dicetak setelah itu pilih “Print” di kanan bawah. Di bagian “Select Printer” silakan pilih “Direct USB Connected”.

Ngeprint di Ponsel Lewat OTG

Akan muncul nama printer yang sudah tersambung lewat otg. Silakan tekan nama printer tersebut maka akan menginstall drivernya. Jika ternyata driver tidak ditemukan maka bisa dengan menekan tombol “Use Generic”.

Ngeprint di Ponsel Lewat OTG

Setelah itu akan kembali ke halaman “Print Preview” dan untuk mencetak bisa dengan menekan tombol “Print”. Kecepatan ngeprintnya sedikit agak lambat dibanding menggunakan laptop. Namun cukup lumayan untuk sekedar ngeprint beberapa lembar halaman misalnya artikel, foto maupun struk pembelian.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*