Agar Whatsapp Tidak Disadap


Salah satu aplikasi chat yang saat ini banyak dipakai di Indonesia adalah Whatsapp. Namun seringkali terdengar keluhan bahwa ada orang lain yang membaca Whatsapp alias disadap. Berikut ini tips sederhana agar Whatsapp tidak disadap.

Sebagian besar metode yang digunakan untuk menyadap Whatsapp adalah menggunakan Whatsapp Web. Beragam aplikasi di  Play Store yang mengklain bisa mengkloning Whatsapp sebenarnya juga menggunakan Whatsapp Web tersebut. Apa sih Whatsapp Web? Whatsapp Web adalah fitur resmi dari Whatsapp yang memungkinkan pengguna untuk chatting Whatsapp lewat browser laptop/komputer. Semua akun Whatsapp mempunyai fitur ini, namun tidak semua orang tahu sehingga seringkali disalahgunakan orang iseng untuk membaca Whatsapp orang lain. Cara mempergunakan Whatsapp Web yaitu dengan membuka web.whatsapp.com di browser kemudian scan qrcodenya dengan aplikasi Whatsapp. Setelah sukses discan maka bisa chat di browser selayaknya di aplikasi.

agar Whatsapp tidak disadap

Untuk mengecek apakah akun Anda disadap dengan Whatsapp Web caranya dengan menekan icon tiga titik di kanan atas aplikasi Whatsapp kemudian pilih “Whatsapp Web”.

agar Whatsapp tidak disadap

Apabila muncul kamera dengan kotak berisi garis bergerak warna hijau tandanya tidak ada yang menggunakan Whatsapp Web Anda alias tidak ada yang menyadap Whatsapp Anda dengan metode ini.


agar Whatsapp tidak disadap

Jika ada yang menggunakan Whatsapp Web maka akan muncul daftar komputer aktif seperti gambar dibawah ini. Jika Anda tidak pernah menggunakan Whatsapp Web berarti ada orang lain yang menyadap akun Whatsapp Anda. Silakan tekan tombol “Keluar dari semua komputer” untuk mematikan/logout Whatsapp Web.

agar Whatsapp tidak disadap

Pada dasarnya orang yang menyadap harus memegang ponsel Anda untuk scan qrcode. Oleh karena itu jangan sampai ada orang yang meminjam ponsel Anda. Meskipun ada yang meminjam maka harus diawasi apakah dipakai untuk scan qrcode Whatsapp Web.

Cara lain agar aman yaitu dengan mengunci ponsel dengan kode sehingga orang lain tidak bisa mempergunakan ponsel tersebut. Dapat juga dengan mengunci aplikasi Whatsapp dengan aplikasi yang ada di Play Store maupun mempergunakan fitur bawaan ponsel. Misalnya saja di Xiaomi ada fitur untuk mengunci aplikasi. Selain itu cek apakah ada aplikasi asing di ponsel Anda. Silakan hapus aplikasi asing tersebut jika merasa tidak pernah menginstallnya.

Jadi yang bisa menyadap Whatsapp adalah orang terdekat karena memang harus bersentuhan dengan ponsel Anda. Agar aman jangan lupa untuk mengecek menu Whatsapp Web secara regular. Apabila muncul kamera dengan kotak garis hijau berarti aman sedangkan kalau muncul list komputer berarti ada yang memakai Whatsapp Web Anda.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*