Tips Kualitas Audio Yang Baik Saat Live Youtube dengan Ponsel


Saat ini membuat siaran langsung merupakan hal yang sangat mudah. Tidak perlu lagi peralatan yang ribet karena sekarang bisa dilakukan lewat ponsel. Agar kualitas suara yang dihasilkan menjadi baik dan tidak gaduh maka bisa dengan menambahkan beberapa peralatan. Berikut ini tips kualitas audio yang baik saat live Youtube dengan ponsel.

Tips Kualitas Audio Yang Baik Saat Live Youtube dengan Ponsel

Apabila live Youtube menggunakan suara langsung dari microphone ponsel maka suara menjadi tidak fokus karena semua suara tertangkap kamera. Agar menjadi jernih maka bisa mempergunakan mic ekternal. Penggunaan mic ekternal ini cocok untuk penggunaan individu misalnya saja vlog, ceramah dan sejenisnya. Mic ekternal dipasangkan, dibawa atau ditaruh didekat pembicara. Salah satu mic yang bisa dipergunakan adalah Microfone Lavalier Boya BY-M1. Apabila tidak mempunyai mic ekternal maka bisa juga menggunakan earphone. Namun gunakan earphone yang kualitasnya bagus.


Ada ponsel yang bisa langsung dipasangi mic ekternal, namun ada juga yang tidak bisa secara langsung. Bila mic tidak bisa masuk secara langsung maka dapat mempergunakan kabel audio splitter. Jika mic tetap bandel tidak mau masuk coba di kabel audio splitter bagian speaker/hijau ditancapi earphone.

Kelemahan menggunakan mic ekternal adalah tidak bisa dipakai berbarengan banyak orang. Jika ada banyak orang dan juga musik maka sebaiknya menggunakan audio langsung dari tukang mixer. Ambil output dari mixer dan masukkan ke ponsel. Agar volume yang masuk ke ponsel tidak terlalu besar maka bisa dengan membuat Potensiometer Volume Sederhana.

Masalah lain adalah audio yang masuk tidak bisa dimonitor secara langsung di ponsel tersebut. Alternatifnya bisa mempergunakan ponsel lain untuk memantau kualitas audio sekaligus videonya. Siapa tahu sudah live streaming berjam-jam ternyata audionya tidak masuk 😀

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.