Pentingnya Membackup Blog


Salah satu hal yang penting namun sering malas maupun terlupakan adalah membackup blog. Jika suatu saat blog eror maka bisa bikin pusing tujuh keliling. Berikut ini sedikit ulasan mengenai pentingnya membackup blog. Terutama jika blog Anda sudah mempunyai banyak konten dan visitor.

Pada dasarnya membackup blog adalah sarana untuk jaga-jaga apabila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Contohnya sebagai berikut:

Pentingnya Membackup Blog


  • Blog acak-acakan karena diusilin oleh orang lain. Jika ada backup maka lebih mudah untuk mengembalikan seperti semula meskipun nanti harus dicek kenapa ada orang yang bisa masuk dan mengacak-acak blog.
  • Jika memakai layanan blog gratisan seperti wordpress.com dan blogspot maka ada kemungkinan blog tersuspend maupun terhapus jika tak sengaja melanggar ketentuan.
  • Blog eror karena update wordpress maupun plugin. Update baru bukan berarti performa blog akan lebih baik karena kadang malah bikin keringetan karena blog menjadi macet.
  • Tak sengaja menghapus semua file blog maupun database di cpanel akibat galau dan pikiran tidak fokus.
  • Hosting yang digunakan tiba-tiba bermasalah maupun bangkrut sehingga blog tidak bisa diakses.

Serba banyak hal lain yang menyebabkan blog menjadi eror sehingga tak bisa diakses. Apabila mempunyai backup tentu saja hati lebih tenang karena blog bisa dikembalikan seperti semula.

Banyak plugin yang bisa dipergunakan untuk membackup blog WordPress. Namun biasanya saya membackup secara manual dari cpanel. Caranya dengan menyalin database dan folder wp-upload ke hardisk. Prosesnya lebih ringan daripada memakai plugin. Namun kelemahan backup manual yaitu kadang kelupaan maupun malas untuk backup 😀

Hal lain yang penting yaitu simpan backup blog dengan baik di hardisk ataupun flashdisk. Sebaiknya buat cadangan backup sebagai antisipasi apabila media penyimpanannya bermasalah.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.