Membuat Link Chat Whatsapp di Blog


Saat ini aplikasi yang banyak digunakan untuk bercengkrama adalah Whatsapp. Dari chat keluarga sampai dengan chat untuk bisnis online. Jika Anda mempunyai blog atau website yang menggunakan kontak nomor whatsapp maka bisa membuat link chat agar pengunjung lebih cepat untuk menghubungi Anda. Pengunjung tinggal klik link tersebut maka akan keluar chat Whatsapp. Pengunjung tidak perlu ribet untuk memasukkan nomor dalam kontak dalam melakukan chat Whatsapp. Berikut ini cara membuat link chat Whatsapp di blog.

Cara membuat link chat Whatsapp cukup mudah. Misalnya saja jika memakai WordPress, buatlah sebuah teks misalnya: Kirim Pesan Whatsapp kemudian blok dan pencet tombol link. Kemudian masukkan kode:


  • https://api.whatsapp.com/send?phone=6281111111

6281111111 diganti dengan nomor telepon Anda. Jika ingin ada teks yang langsung muncul maka bisa memakai kode:

  • https://api.whatsapp.com/send?phone=628111111&text=Hai%20mau%20tanya%20nih

Anda bisa mengganti tulisan setelah text=. Untuk spasi jangan gunakan spasi biasa namun gunakan kode %20. Untuk kode htmlnya seperti ini, ubah bagian warna merah dengan no ponsel dan ungu dengan teks sesuai selera.

  • <a href=”https://api.whatsapp.com/send?phone=628111111&amp;text=Hai%20mau%20tanya%20nih” target=”_blank” rel=”noopener”>Kirim Pesan WA</a>

Selain menggunakan teks dapat juga menggunakan tombol, gambar dan sebagainya. Selain bisa dibuka melalui ponsel, link tersebut juga bisa dibuka melalui desktop melalui Whatsapp Web.

Semoga Bermanfaat


Leave a Reply

30 ÷ 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.