Connect with us

Gadget

Agar Aki Motor Tidak Tekor Karena GPS Tracker

Published

on

Salah satu menjaga keamanan sepeda motor adalah dengan memasang GPS tracker. Di pasaran banyak tersedia GPS tracker dengan beragam fiturnya. Cara memasangnya juga sangat mudah yaitu dengan menghubungkan GPS ke aki motor. Jika Anda membeli GPS tracker yang murah meriah, misalnya saja TK110 mungkin akan mendapati masalah aki yang tekor alias cepat habis. Hal ini terutama pada motor yang jarang digunakan ataupun digunakan hanya dalam jarak pendek. Berikut ini sedikit tips agar aki motor tidak tekor karena GPS tracker.

agar aki motor tidak tekor karena GPS tracker

Tips pertama agar aki tidak tekor karena GPS Tracker adalah motor selalu dipergunakan secara terus menerus. Semakin sering digunakan dalam sehari maka aki akan terus terisi sehingga kuat untuk menghidupkan GPS, starter motor maupun fitur lainnya yang membutuhkan aki.

Cara kedua dengan memasang switch on off di GPS tracker tersebut. Caranya cukup mudah yaitu dengan menambahkan saklar di antara kabel menuju aki. Misalnya saja GPS dinyalakan pada waktu pagi dan dimatikan sore, malam atau saat sudah tidak keluar rumah lagi. Saklar bisa ditempatkan diposisi yang mudah untuk diraih namun tetap tersembunyi.

Jika malas untuk on off secara manual maka bisa dengan menyambungkan GPS dengan kunci kontak. Jika kunci kontak on maka GPS akan menyala. Sedangkan jika kunci kontak off maka GPS akan ikut mati. Apabila mengetahui seluk beluk motor tentu mudah utak atiknya. Jika awam maka bisa dengan bantuan bengkel untuk membuat modifikasi ini.

Advertisement

Namun tentu saja ada kelemahan dengan menggunakan sistem on off ini. Saat memakai on off manual kadang lupa menyalakan kembali saklar saat akan pergi. Apabila memakai sistem on off dari kunci kontak kelemahannya tidak bisa melacak motor sejak dinyalakan karena GPS belum menyala sepenuhnya. Butuh waktu beberapa detik sampai menit agar GPS berjalan normal. Jika pencuri motor hanya memindahkan motor jarak dekat maka kemungkinan akan tidak terdeteksi.

Tentu saja lebih enak menggunakan GPS yang mempunyai fitur sleep sehingga lebih hemat daya saat tidak dipergunakan. Namun saya belum pernah mencoba yang ada sleep modenya. Selama ini memakai GPS motor murah-meriah harga 200rb-an meski resikonya aki jadi loyo kalau motor lama tidak dipakai 😀

Semoga Bermanfaat

Advertisement

Gadget

Cara Memilih Laptop dengan Bijak Sesuai Kebutuhan Anda

Published

on

Dalam menghadapi berbagai pilihan laptop di pasaran, membuat keputusan yang bijak sesuai dengan kebutuhan pribadi adalah langkah penting. Berikut adalah panduan untuk membantu Anda memilih laptop yang tepat. (lebih…)

Continue Reading

Gadget

Tips Agar CD dan DVD Awet

Published

on

Jaman sekarang penggunaan CD ataupun DVD sudah langka. Kebanyakan memakai flash drive, hardisk portable ataupun cloud. Namun bagaimana cara merawat CD atau DVD jika masih mempunyai koleksinya baik berisi data ataupun video. (lebih…)

Continue Reading

Gadget

Cara Rekam Audio di Mixer Ashley

Published

on

Salah satu mixer audio yang harganya cukup terjangkau adalah Ashley. Salah satu fitur yang dimiliki mixer tersebut adalah kemampuan untuk merekam audio langsung ke flashdisk. Sehingga tidak diperlukan lagi laptop atau recorder untuk merekam. Berikut ini cara rekam audio di Mixer Ashley. (lebih…)

Continue Reading