Mengatasi CCTV Yi Home Restart Terus Menerus


Ada dua jenis Yi Home di pasaran yaitu Xiaomi Yi Ants versi China dan Yi Home versi internasional. Paling enak digunakan tentu saja versi internasional karena aman untuk diupdate dan koneksinya lumayan cepat dibanding versi China. Sejatinya cctv ini untuk penggunaan indoor, namun selama beberapa tahun kamera ini saya taruh diluar rumah alias outdoor. Agar tidak kemasukan air maka kamera saya beri pelindung memakai plastik. Kamera dibungkus plastik bekas undangan manten 😀 Meski kena hujan dan panas namun masih bisa bertahan selama beberapa tahun. Namun belakangan mulai rewel yaitu kamera selalu restart dan kadang tidak mau merekam. Berikut ini sedikit tips mengatasi CCTV Yi Home restart terus menerus.

Bentuk cctvnya seperti ini, dudukannya saya lepas agar bisa dipasang lebih fleksibel. Bentuknya kecil maka bisa dipasang tanpa terlalu mencolok.

Mengatasi CCTV Yi Home Restart Terus Menerus


Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengecek bagian manakah yang rusak. Pertama-tama bisa dengan mengganti kabel dan chargernya. Siapa tahu charger lemah karena bertahun-tahun menancap di listrik. Namun ternyata kamera tetap restart terus menerus setiap beberapa jam.

Karena tidak berhasil kemudian sdcard diformat ulang. Masalah tidak juga berhasil terselesaikan bahkan semakin lama semakin tidak bisa merekam. Akhirnya sdcard diganti dengan yang baru dan penyakit restart akhirnya menghilang dan bisa merekam full 24 jam tanpa bolong-bolong.

Jika Anda mengalami masalah yang sama, cara mengatasinya bisa dengan mengganti sdcard dengan yang baru. Namun jika tetap tidak bisa berjalan lancar kemungkinan komponennya kamera ada yang rusak. Mengenai kelemahan cctv yang memakai sdcard sudah pernah saya bahas disini – Untung Rugi Memakai CCTV SDCard.

Dibanding dengan cctv Xiao Fang, kualitas gambar Yi Home lebih bagus. Pada tempat gelap video lebih terang, gerakan tidak ngeblur serta infra merah tidak terlihat. Saat dipantau di ponsel, Yi Home lebih smooth dibandingkan Xiao Fang yang agak patah-patah. Namun harga keduanya juga berbeda, yaitu terpaut sekitar 100rban. Kelemahan lain menggunakan ipcam Yi Home maupun Xiao Fang adalah harus terkoneksi ke internet. Apabila tidak ada koneksi internet maka tidak bisa dipantau lewat aplikasi. Meski demikian kamera tetap merekam ke dalam sdcard.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.