Alternatif Alat Pembuka Slot Simcard


Dahulu kala, simcard ponsel kebanyakan berada di dekat baterai. Untuk memasang maupun mengganti caranya dengan melepas baterai kemudian mengambil simcard. Namun teknologi berubah, simcard saat ini kebanyakan berada di sebelah sisi kanan kiri ponsel dan butuh alat untuk membukanya. Dalam paket pembelian ponsel biasanya sudah disertakan alat untuk membuka simcard alias sim ejector. Namun bagaimanakah kalau alat tersebut hilang atau terselip? Berikut ini alternatif alat pembuka slot simcard.

Alternatif Alat Pembuka Slot Simcard:

  • Paperclip.

Alat yang paling jamak digunakan adalah paperclip. Luruskan salah satu ujung paperclip kemudian masukkan ke lubang ejector.


  • Isi Staples.

Isi staples dapat pula digunakan untuk membuka simcard. Caranya dengan melepas sebuah isi staples, kemudian ujungnya dipakai untuk menekan slot simcard lewat lubang yang tersedia.

  • Jarum Jahit.

Jika memakai jarum jahit maka sebaiknya jangan gunakan bagian yang tajam. Gunakan bagian yang tumpul sehingga komponen ponsel tidak rusak.

  • Peniti.

Demikian juga apabila memakai peniti, sebaiknya potong dahulu ujung peniti dengan gunting agar tidak terlalu tajam.

  • Pensil Mekanik.

Memakai ujung pensil mekanik juga bisa untuk membuka slot simcard.

Pada dasarnya semua benda yang berbentuk mirip kawat dapat digunakan untuk membuka slot simcard. Yang penting ukurannya tidak terlalu besar dan kuat. Sebaiknya jangan pakai tusuk gigi kayu karena kalau patah didalam malah bikin pusing tujuh keliling. Paling aman sebenarnya jangan suka gonta-ganti simcard. Karena kalau suka gonta-ganti simcard akhirnya slotnya akan bermasalah. Saya pernah mengalami slot simcard rusak, namun bukan di ponsel melainkan di modem akibat terlalu sering ganti simcard 😀

Semoga Bermanfaat


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.