Untung Rugi Memakai CCTV SDCard


Saat ini beragam bentuk cctv tersedia di pasaran. Ada yang media penyimpanannya menggunakan dvr alias peralatan tersendiri. Ada pula yang langsung merekam di dalam cctv tersebut melalui sdcard. Berikut ini untung rugi memakai cctv sdcard.

Pertama-tama kita bahas keuntungannya terlebih dahulu. Keuntungan pertama tentu saja lebih murah dibanding direkam dengan dvr karena tidak perlu membeli dvr. Selain itu juga lebih praktis dan hemat listrik.

Untung Rugi Memakai CCTV SDCard


Sedangkan kelemahannya adalah space penyimpanannya terbatas. Rata-rata baru mendukung sdcard sekitar 32 sampai 64GB. Sehingga durasi perekamannya juga tidak terlalu lama. Apabila kamera cctv ikutan diambil atau dirusak maka hasil rekaman akan hilang.

Karena durasi rekamannya pendek maka sdcard akan menghapus rekaman dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama sehingga kemampuan maksimal read write sdcard tersebut cepat habis. Jika kemampuannya habis maka hasil rekaman akan tersendat dan lama kelamaan sdcard tidak terbaca di cctv.

Untuk amannya maka bisa menggunakan sistem penyimpanan dobel, misalnya direkam di sdcard dan juga direkam di cloud ataupun dvr. Kalau tidak mempunyai dvr maka bisa merekam mempergunakan ponsel dengan aplikasi tinycam. Namun tergantung dari cctv/ipcamnya juga. Kalau hanya untuk rumahan menggunakan sdcard saja sudah cukup aman, asalkan selalu dicek rutin sdcardnya. Siapa tahu tiba-tiba tidak bisa merekam.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.