Membuat Suara Mono Ke Stereo di Vmix


Dalam merekam sebuah video, tak hanya gambar yang kinclong saja yang diutamakan. Suara yang jernih juga menjadi hal yang tidak boleh ditinggalkan. Salah satu cara agar suara yang terekam jernih dan bersih maka bisa dengan mengambil audio dari mixer tukang audio. Bagaimanakah cara mengatasinya apabila cuma ada 1 kabel mono dan hasilnya hanya suara kanan atau kiri saja. Berikut ini cara membuat suara mono ke stereo di Vmix.

Sebenarnya tidak membuat suara menjadi benar-benar stereo. Melainkan membuat suara kiri mengisi suara kanan. Kalau di Adobe Premiere istilahnya fill left dan fill right. Sehingga tidak ada suara yang kosong meski sumbernya hanya 1 channel saja. Jika Anda live menggunakan Vmix maka bisa menggunakan tips berikut ini. Silakan klik “Audio Mixer” yang ada di kanan bawah sehingga muncul menu audio. Tekan icon gerigi di device yang dipergunakan. Disini audio dari mixer saya masukkan ke audio usb tv capture.


Setelah itu silakan pilih “Channel Mixer”. Centang semua  ruang kosong di bagian 1 atau 2 pada Master dan Headphone. Maka suara yang tadi hanya sebelah kiri/kanan menjadi berbunyi keduanya. Kalau bingung yang mana maka bisa centang semua kotak yang ada.

Apabila suara dari mixer terlalu kecil maka bisa mencentang bagian “Automatic Gain Control” di bagian General atau mengatur gain secara manual.

Semoga Bermanfaat

4 Comments

Leave a Reply

*