Upgrade Simcard Indosat Setelah 13 Tahun


Kebanyakan ponsel saat ini tidak lagi memakai mini sim atau sim ukuran standart. Sebagian besar menggunakan simcard ukuran micro atau nano. Di perdana keluaran baru, semua ukuran simcard ini sudah tersedia dan terpotong. Tinggal memilih akan menggunakan yang mana. Namun untuk simcard lama yang masih berukuran mini sim, mau tak mau harus menggantinya di galeri. Kan bisa dipotong? Kalau simcard model lama tidak bisa dipotong karena ukuran kuningan lebih besar.

Simcard Indosat yang saya pergunakan ini sudah berumur agak lama. Beli sekitaran tahun 2004-an sehingga di tahun 2017 ini berumur 13 tahunan. Waktu itu bentuk perdana masih lumayan bagus. Setiap pembelian mendapat wadah mika seperti kotak kaset.  Panduan penggunaan tidak hanya selembar kertas namun berbentuk buku. Terdapat juga kartu berisi kode puk.

Simcard Mentari ini masih mengusung logo Satelindo, namun saat itu sudah dalam proses akuisisi oleh Indosat.


Dahulu Indosat mempunyai layanan untuk upgrade perdana secara mandiri dengan menggunakan perdana khusus. Sayangnya layanan tersebut sudah tidak ada lagi. Untuk upgrade kartu harus datang ke galeri Indosat. Akhirnya pagi-pagi datang ke Galeri Indosat di Hartono Mall agar tidak mengantri. Baru kali ini datang ke mall saat mall sedang buka 😀 Proses ganti nomor cukup cepat, sekitar 5 menit saja. Menurut cs kartu pengganti tersebut baru akan aktif dalam waktu 1 jam.

Sampai rumah kartu dipasang ke hp dan ternyata sudah aktif tanpa menunggu satu jam. Meski telah diupgrade ke nomor 4G, tapi nomor tersebut fungsinya seperti sediakala yaitu untuk sms dan telepon saja 😀

Ada satu lagi nomor yang sudah berumur panjang yaitu nomor Xl. Belinya mungkin sekitar tahun 2000-an. Kalau tidak salah perdananya berbentuk bulat seperti cd dan masih mengusung nama Pro Xl. Harga perdana waktu itu juga tidak semurah sekarang. Waktu itu harganya diatas 100rb.

Tapi meski umur simcard-simcard tersebut sudah tergolong tua, namun sangat jarang mendapat promo khusus. Mungkin karena penggunaannya cuma sedikit. Tidak pernah menghabiskan ratusan ribu dalam sebulan. Paling banyak cuma 50rb 😀

Semoga Bermanfaat


Leave a Reply

98 ÷ = 14

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.