Tips Menjadi Admin Sosial Media Yang Baik


Menjadi admin sebuah akun sosial media bukanlah hal yang mudah, terutama jika Anda memegang akun sosial media perusahaan atau kantor tempat Anda bekerja. Perlakuannya tentu saja berbeda dengan update status di akun pribadi. Berikut ini beberapa tips menjadi admin sosial media yang baik.

Tips Menjadi Admin Sosial Media Yang Baik


  • Paling utama tentu saja harus teliti dalam update status, jangan sampai salah ketik, salah kutip, salah foto dan sejenisnya.
  • Posting hal yang baik, relefan dan tidak menimbulkan gejolak.
  • Cek dan ricek sebelum posting, kalau bekerja dalam tim sebaiknya ada orang lain yang mengecek sebelum dipublish.
  • Jika mempergunakan foto orang lain jangan lupa sertakan sumber. Paling bagus memang menggunakan foto jepretan sendiri.
  • Cepat dan tanggap dalam menjawab pertanyaan follower. Jika ada keluhan maka harus diselesaikan baik dan secepat mungkin. Jangan hanya ditanggapi namun masalah tidak selesai 😀
  • Jangan baperan dan mudah marah jika ada follower yang berkomentar dengan pedas maupun tidak sopan.
  • Tetap tenang apapun yang terjadi, jawab semua komentar dengan baik tanpa menimbulkan konfrontasi.
  • Terlalu banyak update status juga tidak baik. Update sesuai kebutuhan dengan konten yang berkualitas dan dibutuhkan follower.
  • Agar lebih mudah dan tertata baik maka Anda bisa update status secara terjadwal. Update status akan terposting otomatis pada waktu yang sudah ditentukan. Aplikasi yang bisa digunakan antara lain  Hootsuite, Tweetdeck, dan sejenisnya. Sehingga ada update yang terjadwal dan ada update yang langsung ditulis sesuai kondisi.
  • Pisahkan akun perusahaan dengan akun pribadi. Jangan jadikan satu dalam sebuah aplikasi maupun browser karena bisa berpotensi salah kirim. Kalau perlu gunakan ponsel maupun komputer yang berbeda.
  • Jika membuat lomba, kuis dan sejenisnya maka buatlah peraturan dengan detil dan umumkan pemenang dengan tepat waktu.
  • Apabila bekerja dalam sebuah tim tentu saja harus ada pembagian pekerjaan yang jelas dan kerjasama yang baik.
  • Buat update status dengan rapi dan bagus misalnya diberi frame atau template yang konsisten.
  • Menuliskan laporan mengenai perkembangan sosial media tersebut jika diperlukan.

Saat ini sosial media mudah digunakan. Setiap orang bisa menulis status, bisa membuat blog, bikin video bahkan membuat berita versi dirinya sendiri. Oleh karena itu jangan langsung percaya dengan sesuatu yang dibaca, dilihat maupun didengar di internet. Cek dan ricek sebelum reshare hal tersebut, terutama bagi para admin sosial media yang banyak followernya.

Semoga Bermanfaat

2 Comments

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.