Menonaktifkan dan Menghapus Plugin Lewat Aplikasi WordPress


Saat ini menulis blog tidaklah sesulit 10 tahun lalu terutama dalam masalah teknisnya. Sekarang sudah banyak aplikasi maupun perangkat yang mendukung untuk menulis blog. Jika Anda memakai WordPress hosting sendiri tentu saja tidak asing dengan plugin. Plugin WordPress sering mendapat update dari pembuatnya. Namun kadang update tersebut malah bikin blog bermasalah. Bagaimanakah cara mengatasi hal tersebut jika sedang dijalan? Berikut ini cara menonaktifkan dan menghapus plugin lewat aplikasi WordPress.

Cara pertama dengan login seperti biasa ke dashboard blog melalui browser ponsel dan menonaktifkan plugin yang bermasalah. Alternatif yang lebih cepat adalah melalui aplikasi android WordPress. Namun hal ini membutuhkan plugin Jetpack terinstall di blog Anda.

Silakan update dahulu aplikasi android WordPress yang ada di ponsel Anda. Buka aplikasi WordPress kemudian pilih menu “Plugin”. Akan terlihat plugin yang terinstall di ponsel Anda. Tekan salah satu plugin yang akan dinonaktifkan. Tekan di bagian “Activate” untuk menonaktifkan. Untuk menghapus pilih “Remove Plugin”.


Update plugin maupun ganti themes sebaiknya dilakukan di waktu luang. Terutama jika blog Anda termasuk blog yang banyak pengunjungnya. Jika ternyata update plugin atau ganti themes hasilnya diluar perkiraan maka ada waktu untuk memperbaikinya.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*