Sebaiknya Menulis Panjang Atau Pendek di Blog?



Panjang pendek tulisan di blog tentu saja mempengaruhi kualitas dari artikel blog tersebut. Konten yang menarik dan ditulis dengan baik maka akan mendapatkan banyak pembaca. Berapa panjangkah minimal penulisan di blog? Sebaiknya menulis panjang atau pendek di blog ?

Kalau menurut saya tergantung kebutuhan saja. Apabila postingan tersebut memang harus panjang seperti tutorial, resep masakan, review, petualangan dsb, maka memang harus ditulis panjang dan komplit agar pembaca puas dan tidak bingung. Sebaliknya apabila bahan yang ditulis memang sedikit saja maka bisa menulis langsung to the point tanpa perlu pengantar yang panjang lebar.


Menurut plugin SEO seperti Yoast, panjang minimal suatu postingan adalah 300 kata. Jadi Anda bisa membuat postingan sekitar 300 kata agar bisa aman di SEO-nya. Sedangkan maksimalnya bisa sekitar 1000 atau 1500 kata. Kalau terlalu panjang biasanya pembaca juga akan malas membacanya, apalagi jika postingan dipotong menjadi beberapa halaman.

Paling utama sebenarnya adalah isi postingan tersebut. Panjang maupun pendek yang penting bermanfaat bagi pembacanya. Memberi pencerahan dan jalan keluar. Tidak malah menyebarkan hal negatif dan bikin geregetan.

Semoga Bermanfaat


Leave a Reply

*