Untung Rugi Ganti Themes WordPress


Agar tampilan blog menjadi cantik dan menarik maka bisa memakai themes sesuai selera. Namun selera manusia selalu berubah dalam perjalanan waktu. Apakah ada resikonya jika ingin ganti themes namun blog sudah banyak postingan dan tertata rapi? Berikut ini untung rugi ganti themes wordpress.

Untung Rugi Ganti Themes WordPress

Keuntungannya tentu saja tampilan blog menjadi fresh dan bernuansa baru. Dengan pemilihan themes yang lebih bagus dibanding sebelumnya maka blog bisa menjadi lebih ringan, dengan demikian dapat meningkatkan score kecepatan website misalnya di Google PageSpeed Insights. Di sisi lain pengunjung akan lebih nyaman untuk menjelajahi isi blog.


Sedangkan kelemahan berganti themes WordPress antara lain:

  • Butuh waktu dan tenaga untuk mengutak-atik themes,
  • Meski demo themes terlihat bagus, belum tentu saat diterapkan bisa sebagus demonya,
  • Jika sebelumnya memakai themes yang memakai format/shortcode khusus maka harus edit ulang postingan yang memakai shortcode tersebut,
  • Harus rebuild thumbnail agar ukuran gambar cocok dengan ukuran thumbnail themes tersebut. Salah satu cara agar berubah otomatis bisa memakai OTF Regenerate Thumbnails,
  • Dengan rebuild thumbnail maka gambar menjadi lebih banyak sehingga memakan lebih banyak space,
  • Saatberganti themes tentu saja tampilan blog tidak langsung menjadi cantik. Sehingga pengunjung sementara akan disuguhi tampilan yang belum sempurna. Alternatifnya blog diset ke mode maintenance dahulu.

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan dalam mengganti themes WordPress. Yang pasti untuk merubah sesuatu menjadi lebih baik butuh waktu dan pemikiran.

Semoga Bermanfaat

4 Comments

Leave a Reply

*