Cara Setting GPS Tracker TK110


Salah satu cara untuk mengetahui lokasi kendaraan adalah menggunakan gps tracker. Anda bisa memantau posisi kendaraan untuk sekedar mengawasi maupun jaga-jaga apabila terjadi tindak pidana pencurian. Salah satu gps tracker yang murah adalah TK110. Harga di pasar online sekitar 250rb. Jika Anda masih bingung cara menggunakannya maka bisa mengikuti tips cara setting gps tracker TK110.

Cara Setting GPS Tracker TK110

Ukuran gps tracker cukup mungil dan pemasangannya juga cukup mudah. Didalam box penjualannya mendapat gps tracker, kabel, sekrup serta petunjuk penggunaan. TK110 mempunyai beberapa versi di pasaran. Didalam mesinnya sendiri tertulis GT02 v.20. Tidak tahu seri mana yang benar, karena kadang satu produk bisa banyak nama 😀

Cara Setting GPS Tracker TK110

Untuk mempergunakan gps tracker ini, silakan masukkan sebuah simcard yang mempunyai pulsa serta paket data ke dalam slot simcard.

Cara Setting GPS Tracker TK110

Pasang kabel gps tracker ke aki motor/mobil. Selain dipasang langsung ke aki bisa juga disambungkan ke kabel yang mempunyai arus. Agar lebih nyaman dan aman sebaiknya pasang kabelnya lebih dahulu baru kemudian gps ditancapkan. Kabel hitam ke (-) sedangkan kabel merah ke (+).

Cara Setting GPS Tracker TK110

Setelah itu tancapkan kabel ke gps tracker maka lampu akan menyala. Ada 3 lampu yaitu power, gps dan sinyal. Apabila masih berkedip-kedip berarti masih proses. Setelah proses selesai seluruh lampu akan terus menyala (tidak berkedip). Beberapa waktu kemudian lampu akan mati untuk menghemat daya, namun gps tetap aktif.

Cara Setting GPS Tracker TK110

Untuk mengetahui posisi motor bisa mempergunakan 2 cara, yaitu lewat sms dan lewat internet. Untuk cek posisi lewat sms caranya cukup mudah. Silakan sms dengan format: smslink123456 ke nomor yang ada di dalam gps tracker. Nanti akan mendapat balasan berupa koordinat, link ke Google Maps serta imei gps tracker. Untuk mengetahui posisi, klik link yang ada di sms maka akan terbuka di Google Maps.


Cara Setting GPS Tracker TK110

Apabila ingin dipantau lewat internet maka perlu setting lebih lanjut. Silakan set apn internet terlebih dahulu.

  • Format: apn123456(spasi)apn
  • Contoh: apn123456 telkomsel atau apn123456 indosat
  • Kirim ke nomor yang ada di dalam gps tracker

Setelah itu set server gps yang akan dipergunakan. Ada banyak layanan server gps gratis maupun berbayar yang bisa Anda pergunakan. Kali ini saya memakai server gps lokal idtrack. Cara set alamat server gps:

  • Format : adminip123456(spasi)ip server(spasi)port
  • Contoh : adminip123456 172.104.52.239 6010
  • Kirim ke nomor yang ada di dalam gps tracker

Silakan install aplikasi idtrack dari Play Store. Kemudian klik “Register”, masukkan data-data pendaftaran. Bagian password harus dengan perpaduan huruf besar, huruf kecil dan angka. Setelah selesai klik “Register”. Silakan cek email untuk konfirmasi.

Cara Setting GPS Tracker TK110

Setelah mengklik link konfirmasi yang ada di email, silakan login ke aplikasi idtrack. Klik menu di kiri atas, pilih “Setup Device”, tekan “Add”. Pilih sesuai keinginan Anda di bagian paket tarif. Semua paket gratis 3 bulan. Jadi bisa mencoba tanpa membayar selama tiga bulan. Pada bagian imei isi dengan imei gps tracker. Imei ini bisa didapatkan dengan ketik: imei123456 atau smslink123456 kirim ke nomor yang ada di gps tracker. Form lainnya bisa diisi sesuai selera.

Cara Setting GPS Tracker TK110

Posisi motor Anda akan terlihat di peta secara real time. Fitur yang ada di aplikasi ini adalah Playback, Engine On serta Engine Off. Apabila ingin fitur lebih lengkap seperti Geofence, Poi dll maka bisa masuk ke websitenya di http://server-gps.com.

Cara Setting GPS Tracker TK110

Apabila Anda ingin mematikan mode internet dan hanya memakai sms untuk tracking maka bisa menggunakan format: sms123456. Untuk menyalakan internet/gprs kembali bisa menggunakan format: gprs123456. Untuk cek setting di gps formatnya: check123456 kemudian kirim ke nomor yang ada di gps tracker. Format selengkapnya bisa dibaca di Perintah Sms Gps Tracker TK110.

Gps tracker TK110 cukup lumayan untuk harga 200rban, posisi yang didapatkan juga akurat. Namun belum 3G alias masih memakai internet gprs 2G. Ada beragam model TK110, jika formatnya ternyata beda dengan tutorial diatas maka bisa membaca manual bawaan gps tracker.

Semoga Bermanfaat


Leave a Reply

÷ 6 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.