Memberi Tanggal dan Lokasi Pada Hasil Foto Ponsel Android



Pernahkah Anda melihat sebuah foto yang di pojokannya terdapat tanggal dan waktu? Seperti layaknya foto jadul jaman dahulu. Berikut ini tips untuk memberi tanggal dan lokasi pada hasil foto ponsel android.

Ada beberapa cara untuk memberi tanggal pada hasil foto. Cara pertama adalah melalui aplikasi kamera bawaan ponsel. Ada beberapa ponsel yang sudah menyertakan fitur untuk menampilkan tanggal. Cara mengaktifkannya ada beragam, namun biasanya ada di bagian setting kamera.

Jika ponsel tidak mempunyai fitur bawaan maka Anda bisa memakai aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Play Store. Kali ini saya mempergunakan aplikasi yang gratis dan tanpa iklan yaitu Open Camera. Melalui aplikasi ini Anda tidak hanya bisa menambahkan tanggal dan waktu, melainkan juga lokasi berdasar gps dan teks bebas.

Silakan download Open Camera di Play Store. Setelah itu silakan tekan icon setting yang ada di kanan atas aplikasi.

Untuk mengaktifkan pilih “Photo settings…” – “Stamp Photos” kemudian pilih “Stamp Photos”. Anda bisa mengatur lebih jauh:


  • Format tanggal di “Datestamp format”,
  • Format waktu di “Timestamp format”,
  • Format tampilan lokasi di “GPS stamp format”,
  • Kalau ingin menambahkan teks maka bisa atur di “Custom teks”.

Jika ingin menggunakan lokasi gps, silakan masuk ke pengaturan utama. Dibawah “Video settings…” terdapat “Location settings”. Silakan centang semua pilihan yang ada di menu tersebut. Setelah selesai tinggal jepret saja, maka di hasil foto akan ada tanggal, lokasi dan teks.

Namun sebaiknya berhati-hati saat akan menampilkan lokasi. Tampilkan koordinat gps saat di lokasi publik saja. Kalau foto dirumah atau tempat pribadi sebaiknya dimatikan karena bisa mengundang orang tak dikenal untuk datang ke rumah Anda.

Semoga Bermanfaat


2 Comments

  1. pa

Leave a Reply

*