Tips Nyaman Ngeblog di Ponsel


Saat ini menulis blog melalui ponsel tidaklah serumit menulis blog tahun 2007-an. Pada waktu itu fitur ponsel masih sangat terbatas dan aplikasi juga belum ada. Sehingga semua harus dilakukan secara manual dan dengan kesabaran tinggi. Meski kini teknologi ponsel sudah semakin canggih, menulis blog melalui ponsel belum bisa senyaman menulis menggunakan laptop. Sebenarnya apa sih yang membuat menulis blog di laptop lebih nyaman? Berikut ini sedikit tips nyaman ngeblog di ponsel.

Tips Nyaman Ngeblog di Ponsel

Menulis postingan lewat ponsel memang lebih praktis, bisa dilakukan dimana saja. Pada saat naik bis, waktu makan siang maupun saat akan tidur. Namun menulis menggunakan keyboard virtual tidak secepat dan senyaman menulis menggunakan keyboard fisik seperti di laptop. Oleh karena itu agar lebih nyaman maka sebaiknya mempergunakan keyboard fisik saat menulis blog di ponsel.



Ada beragam cara menggunakan keyboard fisik di ponsel. Jika ponsel mendukung otg maka bisa mempergunakan semua jenis keyboard usb yang biasanya dipakai untuk komputer. Tinggal colok saja kabel keyboard ke ponsel dengan melalui kabel otg. Apabila tidak mempunyai fitur otg maka bisa memakai keyboard bluetooth. Namun bukan keyboard bluetooth yang memakai dongle usb. Melainkan keyboard bluetooth yang langsung memancarkan sinyal bluetooth.

Dengan menggunakan keyboard fisik maka mengetik relatif menjadi lebih cepat. Anda bisa mengetik lewat aplikasi teks/office, aplikasi blog android ataupun menggunakan browser. Namun lebih aman menggunakan aplikasi teks seperti Google Keep atau aplikasi WordPress daripada menggunakan dashboard WordPress. Setelah tulisan selesai maka tinggal memasukkan foto pendukung. Biasanya foto saya perkecil dan kompress dahulu dengan aplikasi Photo Compress agar lebih ringan dan cepat diupload.

Semoga Bermanfaat

2 Comments

  1. pa

Leave a Reply

*