Remote Camcorder Panasonic dengan Ponsel


Beberapa waktu lalu saya pernah mengulas cara untuk remote kamera Sony MC2500 melalui ponsel. Kali ini akan mencoba fitur remote yang ada camcorder Panasonic. Banyak yang bilang kamera video Panasonic, JVC, Canon dsb sebagai Handycam. Padahal Handycam itu merk camcorder milik Sony ­čśÇ Berikut ini cara remote camcorder Panasonic dengan ponsel android.

Tidak semua camcorder Panasonic bisa diremote lewat ponsel. Biasanya yang mempunyai fitur wifi akan mempunyai fitur remote. Camcorder yang dipakai dalam tulisan ini adalah Panasonic HC-V385. Seri lain mungkin ada sedikit perbedaan.

Pertama-tama silakan install aplikasinya terlebih dahulu lewat Play Store. Nama aplikasinya adalah:┬áPanasonic Image App. Setelah itu nyalakan camcorder, pencet tombol “Wifi” yang ada di samping kamera.

Remote Camcorder Panasonic dengan Ponsel

Pilih “Remote Ctrl” di menu yang tersedia.

Remote Camcorder Panasonic dengan Ponsel



Di layar akan muncul informasi nama wifi yang dipancarkan oleh camcorder.

Remote Camcorder Panasonic dengan Ponsel

Nyalakan wifi di ponsel dan hubungkan dengan wifi yang tertera di layar. Setelah wifi terhubung jalankan aplikasi Panasonic Image App. Di layar camcorder akan ada pilihan untuk memberikan akses remote bagi ponsel tersebut, silakan pilih “Yes”.┬áKamera sudah bisa diremote lewat ponsel. Ponsel bisa untuk zoom, rekam, pause, melihat hasil rekaman dsb. Saat remote diaktifkan maka layar camcorder akan mati dan untuk menghidupkan kembali bisa dengan menekan layar.

Remote Camcorder Panasonic dengan Ponsel

Fitur wifi di camcorder Panasonic dapat pula untuk Twin/Multi Camera (kamera ponsel masuk ke layar camcorder), Baby Camera, Home Monitor (Menjadi seperti cctv yang bisa dipantau dari jauh), Live Cast dsb.

Kelemahan fitur remote dengan ponsel adalah adanya delay di tampilan aplikasi dibanding gerakan aslinya. Namun lumayan buat zoom maupun rekam dari jauh tanpa perlu memegang kamera.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply