Ponsel Android Jadi Microphone Wireless


Ponsel android yang sudah tidak terpakai bisa dijadikan berbagai macam hal, misalnya jadi dvr cctv, gps tracker dsb. Apabila Anda butuh microphone wireless yang low budget untuk sebuah acara maka bisa memakai ponsel android dan sebuah laptop.  Bisa juga menjadi alternatif microphone wireless untuk main Skype, Video Call dsb di laptop. Berikut ini cara membuat ponsel android jadi microphone wireless.

Bahan utama yang dibutuhkan yaitu ponsel android dan sebuah laptop. Sedangkan aplikasi yang harus didownload:

Install aplikasi Wo Mic di ponsel dan Wo Mic Client – Wo Mic Virtual Device di laptop. Wo Mic bisa terhubung lewat bluetooth, kabel usb dan wifi. Kali ini saya mencoba dengan wifi, pastikan laptop dan ponsel berada dalam jaringan wifi yang sama.

Buka aplikasi Wo Mic kemudian klik icon titik tiga di kanan atas, pilih “Settings”. Tekan “Transport” kemudian pilih “Wifi” atau sesuai keinginan Anda. Kemudian kembali ke halaman depan dan klik “Start”, terdapat alamat ip untuk diakses lewat laptop.



Ponsel Android Jadi Microphone Wireless

Buka aplikasi Wo Mic di laptop, dari “Connection” – “Connect” – pilih “Wifi” dan masukkan alamat ip yang tadi tercantum di ponsel. Masuk ke “Option” – “Play in speaker”.

Ponsel Android Jadi Microphone Wireless

Silakan say halo di ponsel maka suara Anda akan terdengar di laptop. Kalau ingin dipergunakan dalam sebuah acara maka bisa menghubungkan audio laptop ke speaker besar. Apabila ingin memakai mic di Skype maupun aplikasi lain maka bisa memilih virtual microphone Wo Mic yang tadi sudah diinstall.

Apakah ada delay/jeda antara suara asli dengan suara yang terdengar di laptop? Ada sedikit jeda, namun tidak begitu besar sehingga masih terdengar normal. Namanya juga low budget 😀

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply