Text Fairy Aplikasi Kalau Males Ngetik


Rasanya males banget saat ingin mengetik teks dari sebuah buku. Jika Anda ingin mengetik dengan cepat maka bisa memakai sistem ocr. Cara kerjanya dengan mengambil foto halaman buku tersebut, kemudian dirubah menjadi teks dengan bantuan aplikasi. Ada banyak aplikasi di Play Store yang bisa dipergunakan untuk ocr, salah satu yang akurat adalah Text Fairy.

Silakan download Text Fairy di Play Store. Pada saat dijalankan akan ada pilihan “Download Your Language”, silakan download bahasa Indonesia. Setelah itu klik icon kamera dan potretlah teks yang akan diketik. Langkah berikutnya yaitu memutar gambar apabila terbalik dan menentukan bagian teks yang dipilih.

Text Fairy Aplikasi Kalau Males Ngetik

Setelah itu akan ada pilihan kolom dan bahasa. Pada pilihan bahasa pilih bahasa Indonesia. Tekan “Start” maka proses ocr akan dimulai.



Text Fairy Aplikasi Kalau Males Ngetik

Setelah proses ocr selesai maka foto akan berubah menjadi teks dan bisa dishare, disalin maupun dijadikan pdf. Hasil ocrnya lumayan akurat namun tergantung dari buku atau halaman yang difoto juga.

Text Fairy Aplikasi Kalau Males Ngetik

Agar bisa dirubah ke teks dengan sempurna sebaiknya jangan terlalu jauh maupun blur saat memotret. Buku yang memakai font sejenis Arial (yang bulat-bulat) lebih mudah dijadikan teks daripada yang berbentuk Times New Roman. Kelemahan aplikasi ini tidak bisa mengenali tabel, jadi hanya bisa teks saja. Tapi cukup lumayan daripada ngetik 😀

Semoga Bermanfaat

2 Comments

Leave a Reply