Membuat Speaker Aktif Jadul Menjadi Kekinian


Menyenangkan rasanya mendengarkan musik di speaker sambil santai. Namun kini tidak jamannya memutar musik secara manual memakai usb, sdcard, cd maupun kaset analog. Memutar musik lebih kekinian dan nyaman secara wireless. Bagaimanakah membuat speaker aktif jadul menjadi kekinian ? Dalam artian menjadikan speaker aktif/tape/amplifier dan sejenisnya dapat memainkan musik secara wireless dari ponsel.

Pastikan dahulu di speaker tersebut mempunyai input audio sehingga bisa memasukkan sumber audio dari alat lain. Alat yang bisa dipergunakan untuk membuat speaker biasa menjadi wireless antara lain:

1. Usb Bluetooth Audio

Membuat Speaker Aktif Jadul Menjadi Kekinian

Bentuknya seperti flashdisk, tapi fungsinya untuk mengirimkan audio lewat bluetooth. Harganya di toko online mulai 20rb-an keatas. Cara penggunaannya dengan menancapkan usb tersebut ke sumber daya misalnya ke usb speaker atau dengan charger ponsel. Kemudian masukkan kabel audio ke port input speaker. Pairing usb bluetooth audio dengan ponsel maka suara di ponsel akan masuk ke speaker. Tinggal play musik sesuai keinginan Anda lewat ponsel.

2. Chromecast Audio



Membuat Speaker Aktif Jadul Menjadi Kekinian

Cara kerja Chromecast Audio hampir sama dengan usb bluetooth audio. Hanya saja Chromecast Audio menggunakan jaringan wifi. Harganya juga lebih mahal, sekitar 700rb-an.

3. Memakai Spotify Connect

Membuat Speaker Aktif Jadul Menjadi Kekinian

Jika Anda suka mendengarkan musik lewat Spotify maka bisa memakai Spotify Connect. Alat yang dibutuhkan berupa 2 buah ponsel atau bisa juga 1 ponsel 1 laptop. Jalankan Spotify di kedua device tersebut dengan akun yang sama. Masukkan audio ponsel 1 ke speaker, sedangkan ponsel kedua/laptop untuk memilih lagu. Mainkan sebuah lagu di ponsel kedua. Saat memainkan lagu di bagian bawah aplikasi akan ada menu “Hubungkan Perangkat”. Pilih “Mendengarkan di (nama device 1)”. Maka audio akan dimainkan di ponsel pertama.

Teknologi selalu berkembang, sehingga bisa dipergunakan untuk menghidupkan kembali alat-alat jadul menjadi kekinian.

Semoga Bermanfaat

2 Comments

Leave a Reply