Cara Menggunakan Android Stock Tanpa Root


Seperti diketahui Google selaku pemilik dari sistem operasi berbasis Android tentunya akan terus melakukan pembaruan sistem pada Android tersebut. Tentunya hal ini akan membuat OS Android ini menjadi menarik main menarik, dikarenakan memiliki personalitas yang berbeda pada setiap perangkat Android. Namun ternyata saat ini cukup banyak juga pengguna yang ingin mencoba merasakan sesuatu yang berbeda dengan menggunakan Android Stock atau Android Murni ini. Akan tetapi untuk bisa menjalankannya, tidak jarang para pengguna diharuskan untuk melakukan root pada perangkatnya. Terutama untuk pengguna Android yang memang sudah sering melakukannya, tentu root Android bukan menjadi sesuatu yang sulit bagi mereka. Akan tetapi, lain halnya dengan pengguna yang belum pernah melakukan root Android, pastilah hal ini terasa cukup menyulitkan. Bagaimanakah cara menggunakan android stock tanpa root ?

Saat ini para pengguna Android tidak perlu khawatir lagi, karena sekarang Google telah meluncurkan beberapa aplikasi Android Stock yang bisa anda unduh di Play Store. Melalui cara ini, pengguna Android akan dengan mudah mengubah tampilan smartphone android miliknya menjadi seperti tampilan Android murni. Nah, bagi anda yang belum mengetahui cara melakukannya, pada ulasan kali ini kami akan mencoba untuk memberikan cara menggunakan Android Stock dengan memanfaatkan beberapa aplikasi.

Cara Menggunakan Android Stock Tanpa Root

1. Google Now Launcher.

Bagi anda yang ingin mengubah tampilan perangkat agar terlihat seperti Android Stock, anda bisa memanfaatkan aplikasi yang bernama Google Now Launcher. Lewat aplikasi ini, anda bisa dengan mudah memodifikasi tampilan layar smartphone Android anda menjadi seperti tampilan di OS Android Marshmallow. Beberapa fitur penting seperti tampilan aplikasi vertikal, lalu dukungan quick search bar, serta tersedia juga layar Google Now khusus. Yang mana semua fitur ini bisa anda unduh gratis di Google Play Store. Dan perlu anda ketahui juga, sekarang ini Google juga telah memperkenalkan aplikasi Pixel Launcher yang berfungsi untuk mengganti tampilan layar smartphone anda layaknya seperti tampilan pada Google Pixel.

2. Google Messenger.



Mungkin masih banyak pengguna Android yang belum mengetahui bahwa Google ternyata mempunyai dua aplikasi untuk menunjang keperluan pengolahan pesan diperangkat Android. Yang mana kedua fitur ini bernama Android Messages dan Hangout. Khusus untuk anda yang sudah sering menggunakan aplikasi Hangout, tentunya aplikasi ini akan menjadi pilihan terbaik anda. Akan tetapi apabila anda ingin menggunakan aplikasi dengan tampilan yang biasa saja, anda bisa memilih untuk memakai Google Messenger. Tidak hanya berfungsi untuk mengirim pesan saja, namun aplikasi ini juga akan membuat tampilan layar perangkat anda seperti Android murni atau android stock.

3. Google Camera.

Di Google Play Store sendiri memang ada banyak sekali tersedia aplikasi kamera. Meski demikian, anda tentunya juga perlu mencicipi aplikasi Google Camera agar bisa merasakan sebuah pengalaman menggunakan Android Stock dengan lebih maksimal lagi. Yang mana aplikasi kamera Google ini tergolong sangat mudah dioperasikan dibandingkan aplikasi kamera lainnya. Untuk tampilan antarmuka aplikasi ini juga terlihat sangat sederhana dan juga telah didukung dengan beberapa fitur menarik seperti lens blur, panoramas, photo sphere.

4. Google Dialer.

Untuk bisa menggunakan Android Stock tanpa root, anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Google Dialer yang bisa anda unduh melalui Play Store. Seperti namanya, fungsi dari aplikasi ini sendiri yaitu untuk mengganti tampilan fitur panggilan di smartphone android. Namun perlu anda ketahui, ternyata aplikasi ini hanya mendukung pada beberapa tipe smartphone android saja, jadi belum bisa dijalankan pada semua perangkat Android. Maka dari itu, sebelum memasangkan aplikasi ini, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dulu apakah aplikasi sudah kompatibel dengan perangkat Android anda atau belum. Selain itu, adapun aplikasi lain yang juga bisa anda gunakan yakni Google Contact. Lewat aplikasi ini, anda bisa mengganti tampilan kontak pada smartphone yang serupa dengan tampilan di Android murni.

5. Gboard.

Pada OS Android ternyata juga sudah menyediakan aplikasi keyboard dari pihak ketiga yang bisa dibilang memiliki fitur beragam dan bisa anda pilih sesuai keinginan. Yang mana salah satu yang bisa diandalkan yakni Gboard. Salah satu aplikasi keyboard keluaran Google ini kami rasa sangat pas sekali untuk anda yang ingin menikmati menggunakan Android Stock atau Android murni. Apalagi Google pun sebagai pemilik telah membekali aplikasi ini dengan fitur Google Search, emoji, dan GIF.

Itulah tadi beberapa cara menggunakan Android Stock tanpa root dengan memanfaatkan beberapa aplikasi pendukung dan tips lainnya juga bisa didapatkan pada website tentang android terpercaya seperti milik teman saya dinamikatekno.com. Tentu saja dengan cara ini, anda sebagai pengguna Android akan bisa merasakan pengalaman menggunakan Android stock atau android murni.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply