Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Riot


Ada banyak cara untuk mengecilkan ukuran foto sebelum dikirim lewat email, diupload ke sosial media maupun blog. Dengan mengecilkan ukuran file foto maka proses upload menjadi lebih cepat. Selain itu akan meningkatkan nilai kecepatan blog apabila dites lewat Google Pagespeed, Gtmetrix dan sebagainya. Berikut ini cara mengecilkan ukuran foto dengan Riot, software compress gambar yang simpel penggunaannya.

Untuk download Riot bisa melalui website Riot, ukurannya hanya sekitar 1,3MB. Setelah diinstall di komputer kemudian jalankan. Buka sebuah foto lewat tombol “Open”. Apabila ukuran fotonya besar maka akan muncul peringatan untuk mengecilkan. Kalau untuk upload di blog bisa sekitar 800×600 pixel atau tergantung kebutuhan.

Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Riot



Setelah mengecilkan ukuran gambar dan dirasa masih belum kecil maka Anda bisa mengecilkan ukuran file. Caranya dengan menggeser slider “Quality” ke arah kiri. Geser hingga menemukan ukuran yang kecil namun gambar tetap bagus. Pada bagian Encoding pilih “Progresif”, Chroma subsampling pilih “High”.

Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Riot

Apabila ingin mengecilkan gambar ke ukuran tertentu maka bisa tekan F9. Akan muncul jendela untuk memasukkan ukuran file yang dikehendaki. Namun entah bagimana terkadang fitur ini tidak mau berjalan. Untuk mengecilkan banyak file sekaligus bisa lewat “Tools” – “Batch optimizer”.

Sebenarnya banyak plugin WordPress yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran file gambar. Namun lebih enak mengecilkan gambar sebelum upload, agar proses upload menjadi lebih cepat. Apabila Anda menggunakan ponsel android maka bisa mempergunakan aplikasi PhotoCompress yang juga bisa mengecilkan ukuran gambar hingga 80%.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*