Switch Laptop dan Kamera Mempergunakan Proyektor


Saat ingin mempergunakan laptop dan kamera video pada sebuah proyektor namun ternyata tidak ada alat untuk switcher/berpindahnya. Jika tidak ada switcher maka bisa diakali dengan mempergunakan fitur dari proyektor itu sendiri. Berikut ini cara switch laptop dan kamera mempergunakan proyektor.

Caranya cukup sederhana, yaitu mempergunakan input yang ada di proyektor. Laptop masuk ke input hdmi/vga, sedangkan kamera video masuk lewat rca. Untuk berpindah/switch dapat mempergunakan remote proyektor. Misalkan pada saat acara presentasi gunakan input laptop. Saat acara pidato atau lainnya yang tidak memakai presentasi maka bisa switch ke kamera.



Switch Laptop dan Kamera Mempergunakan Proyektor

Kelemahannya transisi tidak halus saat berpindah antar input, selain itu biasanya keluar menu di layar saat switch input. Tapi cukup lumayan apabila tidak ada alat video switcher/mixer.

Apabila memakai 2 proyektor maka bisa dengan menyambungkan vga out di proyektor 1 masuk ke input vga proyektor 2. Sehingga gambar keduanya bisa sama. Jika tidak ada vga outnya maka bisa memakai satu proyektor untuk laptop dan lainnya untuk kamera. Semua tergantung dari fitur yang dimiliki proyektor.

Meski alat pendukung minim yang penting harus selalu kreatif dan inovatif memaksimalkan apa yang ada.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply